Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Tim Juri KIPP Kemenpan RB Apresiasi Aplikasi Siap Uji KIR Online Dishub Kota Magelang

KOTA, kabarMagelang.com__ Aplikasi Siap Uji KIR Online dari Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Magelang mendapatkan apresiasi tim juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2018. Sejumlah pujian, masukan, hingga kritikan pun disampaikan kepada Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina yang melakukan paparan di gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), Kamis (12/7).

Salah satu juri, JB Kristiadi mengatakan, aplikasi Siap Uji KIR Online dapat mempermudah petugas dalam mengetahui kondisi dan riwayat kendaraan, sekaligus membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengapresiasi aplikasi ini karena mempermudah pemilik kendaraan mengurus KIR. Harapan saya aplikasi ini bisa diterapkan dengan baik dan transparan," ujar Kristiadi, usai mendengarkan paparan dari Windarti yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang Suryantoro dan Asisten 1 Setda Kota Magelang Muji Rochman.

Dia meyakini, aplikasi semacam ini bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Terutama dengan anggapan KIR yang selama ini terkesan sarat akan tindakan curang petugas maupun pemilik kendaraan.

"Selama ini, KIR terkesan sarat akan praktik pungutan liar (pungli). Banyak juga terjadi praktek curang dari pemilik kendaraan, contohnya mengganti ban dengan menyewa terlebih dahulu saat akan melakukan KIR. Dan hal ini berbahaya. Petugas harus tegas dan profesional menghadapi hal-hal semacam ini," imbau Kristiadi.

Tidak hanya tim juri, apresiasi juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang dalam kesempatan ini juga turut mengikuti kegiatan paparan Kompetisi KIPP Tahun 2018.

"Saya bangga dan mengapresiasi adanya aplikasi Siap Uji KIR Online Kota Magelang. Inovasi ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mencegah praktek-prektek pungli," kata Ganjar.

Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, mengatakan bahwa Pemkot Magelang telah berkomitmen agar pelayanan uji KIR dilakukan secara profesional. 
Aplikasi ini, kata dia, adalah wujud tranparansi layanan pemerintah kepada masyarakat. Mulai dari biaya sampai tahapan pengecekan kendaraan.

“Aplikasi ini dibuat dengan maksud untuk mempermudah pelayanan. Selain biaya yang bisa diketahui langsung juga memangkas waktu pelaksanaan KIR. Koimitmen kami ingin berupaya mencegah praktik pungli di pelayanan publik,” tutur Windarti.

Sejauh ini, pelaksanaan KIR kendaraan di Kota Magelang sudah dilakukan sesuai prosedur. Jika setelah dicek kendaraan tidak lolos uji, akan diberi surat perintah perbaikan. Petugas akan memberi batas waktu untuk melakukan perbaikan dan kemudian dilakukan pengecekan (KIR) ulang.
“Kami sangat hati hati sekali memberikan surat tanda lulus uji kendaraaan, karena menyangkut aspek keamanan. Kalau tidak layak, pasti akan kami minta untuk segera memperbaiki. Artinya kami menyampaikan apa adanya, tidak dikurangi maupun ditambahi,” terangnya.

Seperti yang diketahui, Aplikasi Siap Uji KIR Online dari Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Magelang terpilih dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2018 di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah, dan BUMN  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kemenpan RB masih akan melakukan seleksi kembali untuk menyaring TOP 40 sebelum kemudian dipilih juara I-III. Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina hari ini melakukan pemaparan di hadapan tim juri independen terkait aplikasi Siap Uji KIR Online, sebagai syarat penentu lolos tidaknya dalam TOP 40.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply