Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Jumlah Siswa Menurun Walikota Himbau Sekolah Maksimalkan Pelayanan

KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, menghimbau Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kramat 4 untuk tetap memaksimalkan pelayanan kepada siswa. Meskipun, selama beberapa tahun terakhir, jumlah siswa yang masuk terus mengalami penurunan.

"Memang jumlah siswa yang masuk di sekolah-sekolah ini terus mengalami penurunan. Bisa jadi karena program Keluarga Bencana (KB) berhasil. Yang jelas kami mensupport kepala sekolah dan guru-guru untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada anak-anak didik," ujar Sigit, usai menjadi Pembina Upacara di SDN Kramat 4 Magelang, Senin (13/8).

Sigit menyebutkan, SDN Kramat 4 Magelang pernah menjadi sekolah unggulan dan menjadi favorit warga untuk mensekolahkan anak mereka. 

"Pertahankan terus kualitas pelayanan, jangan stagnan ataupun menurun," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Sekolah SDN Kramat 4, Walgito A mengatakan, penurunan jumlah siswa SD tidak hanya terjadi di sekolahnya, namun terjadi menyeluruh.

"Secara umum, penurunan jumlah siswa tidak hanya terjadi di sini saja, namun juga sekolah lain. Memang dari lulusan Taman Kanak-Kanak juga sudah sedikit, sehingga akhirnya jumlah yang masuk SD berkurang," ungkap Walgito.

Kondisi ini, kata dia, sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir. Sebelumnya, jumlah siswa di SDN Kramat 4 bisa mencapai 160an anak, namun saat ini berkurang menjadi 130 anak. Mereka merata di kelas I hingga VI. 

"Standarnya, jumlah siswa per kelas itu 28 orang. Saat ini, jumlah siswa per kelas ada rata-rata 22 anak," sebutnya.

Walgito mengatakan, dari sisi pelayanan, dengan jumlah siswa yang sedikit akan lebih bagus dan maksimal. Jumlah anak pun lebih ideal jika tidak terlalu banyak.

"Meski demikian, kami akan berupaya melakukan pembenahan, apalagi bangunan sekolah sini juga merupakan salah satu yang bagus dan representatif di Kota Magelang," ungkap Walgito.

Adapun pembenahan yang sudah dan akan dilaksanakan oleh pihak sekolah diantaranya pelayanan di kelas akan dilakukan semaksimal mungkin, kemudian disiplin waktu (masuk kelas pukul 7 tepat), tidak ada pulang lebih awal, dan beberapa lainnya.

"Semoga dengan pembenahan-pembenahan ini akan kembali meningkatkan angka siswa yang bersekolah disini hingga maksimal," tandas Walgito. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply