» » Menteri BUMN : 19 Balkondes Di Borobudur Siap Dikunjungi Wisatawan

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangani prasasti peresmian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Ngargogondo, Kecamatan borobudur, magelang, Kamis (13/9). Balkondes yang dibangun melalui CSR PT. Pegadaian ini merupakan Balkondes ke 19 yang dibangun oleh BUMN dari 20 Desa di kawasan Candi Borobudur. Dengan demikian tinggal satu Desa di Kawasan borobudur yang belum dibangun oleh BUMN dengan program hadir untuk negeri yakni Desa Giripurno dikarenakan keterbatasan lahan.

“Saya lihat balkondes yang dibangun oleh PT.Pegadaian ini sangat bagus, tempatnya juga strategis, persis di lereng perbukitan menoreh. Kemudian model bangunanya juga unik, juga sudah dilengkapi dengan 8 homestay,” ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi direktur PT.Pegadaian Sunarso dan Caman Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi, usai menadatangani prasasti peresmian.

Dia menyebutkan bahwa ini Balkondes yang ke 19 yang dibangun oleh BUMN hadir untuk negeri, dan hanya satu desa yang belum mendapatkan bantuan untuk membangun balkondes yakni Desa Giripurno, karena belum ada lahan yang bisa disediakan oleh Desa.

“Satu desa itu tidak punya lahan. Kalau tidak ada lahan, kita susah bagaimana kita bantu mereka untuk membangun balkondes,” katanya.
Rini juga mengaku sampai saat ini belum mendapatkan laporan terkait bantuan yang akan diberikan kepada desa tersebut sebagai ganti tidak dibangunnya balkondes.
“Saya belum dapat laporan persis,  karena ini semua harus dibicarakan daulu dengan Pak Camat Borobudur. Tentu dengan tujuan  bagaimana, menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Borobudur,” jelas Rini.
Dia juga menambahkan, dari 19 balkondes yang sudah dibangun tersebut semua dilengkapi dengan homestey, sehingga jumlah keseluruhan  ada 200an kamar yang siap digunakan oleh wisatawan.
“Balkondes dan homestay ini nanti menjadi milik desa, kita hanya bantu supaya dapat dijaga dan dikembangkan untuk pelayanan pengunjung Borobudur,” tambahnya.
Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, Desa Giripurno menjadi satu-satunya desa yang belum mendapatkan bantuan balkondes dari Kementerian BUMN. Namun demikian pihaknya tetap akan mengupayakan lahan bekerjasama dengan warga setempat.
‘Karena tidak punya lahan, tapi sedang kita usahakan. Pembangunan balkondes adalah tanah kas desa. Sedangkan di Desa Giripurno sendiri, tanah kas desa lokasinya berada di tempat terpencil dan tidak strategis untuk dibangun balkondes. Ini mau diusahakan dengan menggunakan tanah milik warga, nanti polanya kerjasama atau sewa dalam jangka panjang,” ujarnya.(Kb.M2)









About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply