» » Ribuan Seniman Dalam Dan Luar Negeri Ikuti Festival Payung Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, kabarMagelang.com __Ribuan seniman dari berbagai daerah dan luar negeri ikuti festival payung di Taman Lumbini komplek Taman wisata Candi Borobudur. Festivaal payung ke 4 dan berlangsung tiga hari (7-9/9) ini bertujuan untuk menggariahkan kembali komunitas – komunitas payung sehingga bangkit kembali.

Ketua komunitas payung sekaligus panitia Heru Mataya, mengatakan festival payung 2018 ini merupakan yang ke empat kalinya dimana sebelumnya diadakan di Solo.

“Di Borobudur ini menjadi infirasi terendiri, karena ternyata  payung terdapat juga ada pada relief candi sehingga kita mengekspresi payung juga dari relief yang merupakan bangunan dari abad ke 8 ini. Dan tahun depan kita rencanakan selenggarakan lagi di Borobudur,” ungkapnya di Candi Borobudur Jumat (7/9).

Dia menyebutkan festival kali ini diikuti oleh ribuan seniman dari berbagai komunitas baik dari daerah daerah di Indonesia seperti Klaten, Jogjaklarta, Solo, Surabaya, Malang, dan daerah lain. Sementara dari luar negeri ada dari Thailand, Jepang, India, dan Pakistan.

“Mereka ini juga menggunakan payung sebagai sumber ekspresi negaranya sendiri,” ujar Heru.

Budi memaparkan sebenarnya ini merupakan sejuta ekspresi, dimana dengan kegiatan ini payung bisa di buat bukan hanya berteduh melainkan juga memunculkan ide-ide kreasi bagi para seniman.

“Selain itu mereka yang selalu mengikuti festival sebelumnya, kebanyakan mengaku pasar-pasar mereka terus berkembang. Jika dahulu payung hanya untuk kematian atau acara tertentu, namun saat ini dengan kreasi para seniman payung bisa digunakan untuk bahan interior rumah, hiasan, atau lukisan, dan kegiatan-kegiatan kenian,” ungkapnya.

Festival payung 2018 ini juga akan diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya workshop, kesenian, fashion, serta beberapa pertunjukan. “Tentu dengan media utamanya semua menggunkan payung,” jelas Heru.

Direktur Pemasaran dan Operasional PT. Taman Wisata Candi borobudur, Prambanan dan Ratu Boqo, Riky SP Siahaan, mengapresiasi kegiatan festival payung ke 4 di Candi Borobudur ini.

“Festival payung ini tentu memberikan suasana tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan-kegiatan semacam ini akan kita adakan di Candi Borobudur,
sehingga menarik bagi wisatawan baik dalam maupun manca negara,” tandasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply