Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Walikota Magelang Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Lombok

KOTA, kabarMagelang.com__Musibah bencana alam berupa gempa bumi yang menimpa warga Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi keprihatinan bersama. Banyak pihak yang kemudian menunjukkan perhatian mereka dengan memberikan bantuan baik berupa uang maupun barang.
Tak terkecuali masyarakat Kota Magelang yang ikut merasakan derita warga Lombok. Dengan difasilitasi Pemerintah Kota Magelang, masyarakat, jajaran pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengumpulkan donasi secara sukarela.

"Beberapa saat yang lalu memang saya perintahkan, secara spontanitas untuk mengumpulkan sumbangan secara sukarela. Tapi secara parsial, banyak masyarakat yang sudah mengirim bantuan, termasuk ada relawan juga yang kesini," ujar Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, di sela menyerahkan bantuan kepada warga Kabupaten Lombok Utara, Kamis (20/9).

Sigit menyebutkan, dari hasil pengumpulan, bantuan yang kemudian diserahkan kepada warga Kabupaten Lombok Utara mencapai nominal Rp 228.115.000. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Magelang yang diterima secara simbolis Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Utara, Suardi.

"Bantuan ini merupakan bentuk silaturahim sekaligus rasa empati masyarakat Kota Magelang terhadap warga Lombok. Mudah-mudahan saudara kita di Lombok Utara bisa segera pulih kembali," kata Sigit didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Magelang, Mansur Siradj, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Magelang, Ismudiyono, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang, Joko Budiyono.

Ketua Baznas Kota Magelang, Mansur Siradj menambahkan, bantuan kepada warga Lombok juga diberikan oleh Baznas Kota Magelang yang dikoordinir oleh Baznas Provinsi Jawa Tengah untuk kemudian langsung disalurkan kepada korban bencana.

"Semoga bantuan yang diberikan bisa menjadikan warga lebih tenang. Bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Mansur.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lombok Utara, Suardi mengaku berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh warga Kota Magelang.

"Alhamdulillah, terima kasih. Bantuan ini sangat meringankan beban masyarakat. Ini adalah wujud nyata dari persatuan dan kesatuan kita baik sebagai warga negara Indonesia maupun sesama umat muslim," ujar Suardi.

Dia menyebutkan, bantuan dari warga Kota Magelang rencananya akan dipergunakan untuk membiayai prioritas kebutuhan dasar masyarakat. Seperti peralatan sekolah, kesehatan, pangan dan sandang.

"Pemerintah Kabupaten Lombok Utara juga memiliki program recovery (pemulihan) berupa kegiatan wirausaha. Bantuan ini bisa membantu memulihkan masyarakat melalui program tersebut," terang Suardi.

Dia juga menerangkan, bahwa Kabupaten Lombok Utara terdiri dari 5 kecamatan, 33 desa, dan 10 desa persiapan. Selain itu, jumlah warga sebanyak 238 ribu orang. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply