» » Pameran Keris Lestarikan Warisan Cikal Bakal Bangsa

NGABLAK, kabarMagelang.com__ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, menggelar Pameran Tosan Aji 2018, di halaman parkir tempat wisata Bukit Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Magelang, Sabtu (13/10). Pameran yang berlangsung selama dua hari (13-14/10) ini diikuti 60 peserta dari berbagai daerah dengan jumlah keris mencapai ribuan.

Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Haryono, mengatakan bahwa, Tosan Aji merupakan warisan nenek moyang yang adi luhung, yang perlu dijaga dan dilestarikan, sebagai salah satu cikal bakal bangsa Indonesia.

“Tujuanya untuk mempertahankan dan melstarikan warisan budaya asli Indonesia (pusaka keris),” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa tosan aji sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit maupun kediri, dan sekarang ini sudah dicatat sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

“Tosan aji sendiri juga mempunyai peranan penting yang digunakan sebagai senjata dalam merebut kemerdekaan oleh nenek moyang kita," ungkap Haryono.

Namun demikian, lanjut Haryono, pada saat ini generasi muda banyak yang kurang memahami dan tidak mengenal nilai-nilai baik histori, filosofi, maupun nilai-nilai sejarah.

“Oleh karenanya, diharapkan kegiatan ini bisa menyemangatkan kembali kepada masyarakat agar mau memahami dan mempelajari nilai filosofi budaya dari Tosan Aji,” harapnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, sangat mengapresiasi atas digelarnya pameran Tosan Aji tersebut. Sebelum era Majapahit pusaka-pusaka tersebut telah mengalami masa kejayaannya.

"Oleh karena itu, saya meminta agar nilai-nilai budaya serta nilai-nilai filosofi seperti inilah yang mencerminkan sejarah bangsa ini tetap dipertahankan, sehingga warisan luhur ini bisa sampai ke anak cucu kita," tandasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply