Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Tingkatkan Minat Baca Disperpusip Gelar Festival Buku Magelang Tahun 2018

KOTA, kabarMagelang.com__Upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip). Salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Buku (Fesbuk) Magelang Tahun 2018.

Kegiatan Fesbuk 2018 dilaksanakan tanggal 4-8 Oktober 2018 di gedung perpustakaan Kota Magelang. Terdapat sedikitnya 20 stand penerbit, 6 stand pendidikan, 6 stand multi produk yang mengikuti pameran. Serta 13 stand kuliner, pelaksanaan berbagai lomba dan pemutaran film yang meramaikan kegiatan tersebut. 

"Pemkot Magelang melalui Disperpusip sudah menempuh banyak upaya untuk meningkatkan minat baca. Seperti menambah jam operasional perpustakaan, menyediakan koleksi buku murah dan berkualitas melalui festival seperti ini," jelas Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, di sela membuka kegiatan Fesbuk Magelang Tahun 2018 di gedung Perpustakaan Kota Magelang, Kamis (4/10/2018).

Selain itu, juga disediakan koneksi internet gratis di berbagai fasilitas umum, layanan perpustakaan keliling, wisata buku, hingga peluncuran aplikasi perpustakaan digital.

"Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan segala fasilitas yang ada guna mendukung upaya peningkatan minat baca. Tidak ada alasan malas membaca karena pemerintah sudah menyediakan akses mudah," tutur Windarti.

Menurutnya, sudah semestinya masyarakat menumbuhkan dan meningkatkan minat baca, karena gemar membaca adalah gerbang menuju kemajuan bangsa.
"Kemajuan bangsa dan negara bisa dilihat dari kemajuan perpustakaan dan budaya membaca," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperpusip Kota Magelang, Triyamto Sutrisno, menambahkan, minat baca warga Kota Magelang terbilang cukup tinggi.

"Alhamdulillah di Kota Magelang, tiap hari perpustakaan dikunjungi tidak kurang dari 150 orang. Hal ini menunjukkan bahwa minat baca masyarakat sudah cukup tinggi karena jumlah penduduk Kota Magelang 130an ribu," ungkap Triyamto.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Yang sudah kita lakukan adalah melaunching aplikasi perpustakaan digital. Kemudian bulan Oktober 2018 ini, Insha Allah perpustakaan akan mencoba memberikan jam layanan tambahan di hari Sabtu dan Jumat, yakni buka sampai jam 8 malam," urainya.

Sementara itu, Sekretaris Disperpusip Jawa Tengah, Sapta Hermawati mengatakan, perpustakaan merupakan sumber informasi dan pengetahuan.
"Perpustakaan harus disesuaikan dengan kultur masyarakat. Juga dibuat yang menarik sehingga menjadi landmark yang patut dibanggakan," ujarnya.

Menurutnya, upaya menumbuhkan minat baca masyarakat harus dimulai dari tingkat terkecil, yaitu keluarga.

"Caranya dengan menyediakan buku bacaan yang diminati anak, ajak ke festival buku seperi ini, kemudian ajak juga ke perpustakaan. Karena perpustakaan sekarang sudah bertransformasi menjadi lebih baik," katanya.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply