» » Dongkrak UMKM Kecamatan Magelang Tengah Gelar Kwarasan Expo 2018

KOTA, kabarMagelang.com__ Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Magelang terus bertambah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Kecamatan Magelang Tengah memiliki cara untuk mewadahi sekaligus membantu promosi UMKM-UMKM tersebut dengan menggelar ”Kwarasan Expo” di Lapangan Kwarasan, Cacaban, Magelang Tengah selama dua hari, Selasa (11/11) hingga Rabu (12/11).

Kendati pameran tersebut hanya berkapasitas satu kecamatan saja, namun aneka ragam UMKM turut meramaikannya. Mulai dari kerajinan, makanan olahan, batik, hingga pakaian, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Tim Penggerak PKK Kota Magelang. Bahkan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito menyempatkan diri untuk hadir, membuka, sekaligus meninjau stand-stand Kwarasan Expo.

”Harapannya dengan adanya Kwarasan Expo bisa memacu UMKM mulai bermunculan. Sedangkan yang sudah ada agar ditingkatkan dan semakin berkembang,” kata Yetti di sela pembukaan Kwarasan Expo, Lapangan Kwarasan, Cacaban.

Yetti juga memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM. Menurutnya, keikutsertaan mereka dalam pameran ini juga sebagai ajang promosi strategis.

”Setelah ini saya harapkan produk UMKM di Kecamatan Magelang Tengah kian dikenal. Kalau sudah dikenal, produknya jadi laris di pasaran. Bahkan bisa bersaing dengan produk-produk lainnya,” ujarnya.

Istri Walikota Magelang, Sigit Widyonindito itu juga berpesan bahwa disadari atau tidak kualitas produk menjadi prioritas utama. Baru setelah itu, promosi bisa digencarkan.

”UMKM penting untuk menjaga kualitas tetap baik, terjamin mutu, kesehatan untuk kuliner, dan lainnya, sehingga ada pengakuan dari masyarakat tentang produk mereka,” ucapnya.

Dia juga berharap, para pelaku UMKM bisa merambah perangkat daring atau bisnis online. Pasalnya, ia menilai jika bisnis online menjadi salah satu lahan yang paling strategis dan sangat cocok terutama UMKM yang baru berkembang.

”Pelaku UMKM harus bisa mengoperasikan perangkat lunak dan online. Kalau mengandalkan mulut ke mulut, informasi masyarakat, itu mungkin bisa dihitung, tapi kalau memakai jaringan internet, segmennya bisa seluruh Indonesia bahkan luar negeri bisa melihat produk kita,” jelasnya.

Dia juga meminta pelaku UMKM yang sudah maju dan berkembang agar segera mendaftarkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang. Hal ini supaya UMKM mendapatkan nomor registrasi.

”Ketika sudah mendapatkan nomor, artinya mereka bisa diikutsertakan dalam pameran di luar daerah. Ini tentunya menjadi sarana promosi efektif karena produk UMKM bisa dikenal masyarakat luar daerah, tak hanya di Kota Magelang saja,” imbuhnya.

Dengan terus bertambahnya UMKM di wilayah setempat, diharapkan supaya ibu rumah tangga bisa turut melibatkan diri. Sebab menurut Yetti, ibu rumah tangga berpeluang besar untuk berbisnis karena biasanya memiliki waktu luang lebih banyak.

”Ibu-ibu rumah tangga punya waktu senggang untuk menyalurkan keterampilan membantu ekonomi keluarga. Ibu-ibu pula biasanya lebih kreatif menjadikan bahan yang tidak berarti sekalipun, jadi bernilai jual,” katanya.

Sementara itu, Camat Magelang Tengah Tugono menambahkan Kwarasan Expo diikuti lebih dari 20 UMKM se-Kecamatan Magelang Tengah. Jenisnya pun beragam, mulai dari kuliner, pakaian, batik, hingga produk kecantikan.

”Pameran ini merupakan agenda tahunan yang akan mempromosikan berbagai produk unggulan UMKM se-Magelang Tengah meliputi kerajinan, kuliner, batik khas, ada juga aneka kuliner, seperti dawet, getuk, dan lainnya. Acaranya dua hari, dan kunjungan warga lumayan bagus,” jelasnya.

Rini, salah satu pedagang pakaian asal Kemirirejo, mengaku memperkenalkan batik khas di ajang Kwarasan Expo. Ia berharap agar warga yang berkunjung berminat untuk mampir walaupun hanya sekadar melihat-lihat.

”Yang penting mampir saja, karena dengan mampir kemudian melihat, masyarakat bisa tahu, oh ini ternyata batik khas Magelang Tengah. Secara tidak langsung itu bagian dari promosi,” terangnya.

Dia juga berharap lewat pameran tiap tahun ini, ada investor tertarik untuk berinvestasi di segala bidang, terutama di Magelang Tengah. Sebab katanya, lokasi Magelang Tengah cukup strategis karena berada di pusat kota, sehingga aksesnya pun cukup mudah.

”Potensi Magelang Tengah sendiri juga sangat banyak, selain UMKM, ada banyak kerajinan dari sini,” katanya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply