» » Petani Lereng Sumbing Laksanakan Riutal Nikah Tembakau Kyai Pulung Seto Dan Nyai Srinthil


Windusari, kabarMagelang.com__Ratusan warga lereng Gunung Sumbing tepatnya Dusun Gopa'an, Desa Genito, Kecamatan Windusari, Magelang menggelar tradisi ritual pernikahan tembakau Selasa (13/11).  Sebuah tradisi unik turun temurun yang dilakukan  oleh petani dan perajang tembakau ini juga bertepatan juga dengan merti desa dengan harapan srintil (tembakau terbaik)  akan muncul di lereng Gunung Sumbing serta lereng Gunung Sindoro dan sekitarnya.

Prosesi diawali dengan dua pasang tanaman tembakau yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai "Kyai Pulung Seto dan Nyai Srinthil"  di bawa oleh sepasang mempelai diarak keliling desa diiringi alunan suara gending jawa, serta tetabuhan beberapa kesenian dan sesaji berupa 100 tumpeng menuju sendang Gopa'an yang diikuti ratusan warga dengan pakaian adat jawa. 

Sesampai di sendang Gopa'an, prosesi ritual nikah tembakaupun digelar yang dilaksanan oleh pemimpin ritual dari lereng Merapai yakni Agus Merapi. Diiringi tarian tembakau sepasang tembakau dijamas dan disemayamkan di sendang Gopaan. Sementara sepasang lagi di bawa kembali untuk ditanam di wilayah tersebut.

“Prosesi ritual pernikahan tembakau merupakan simbol, bahwa keberadaan tembakau sebagai sumber penghidupan di wilayah ini.  Kita berharap temabakau terbaik (srintil) bisa selalu muncul di wilayah ini,“ jelas Agus Merapi usai melaksanakan ritual. 

Sementara Kepala Dusun Gopa'an Sugitno (49), mengungkapkan, nikah tembakau merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap bulan Sapar (penanggalan jawa)  bersamaan dengan merti desa. 

"Selain itu juga untuk nguri-uri atau melestarikan tradisi jawa yang sudah  turun temurun dari leluhur warga di disini," ujarnya.

Ritual nikah tembakau di sumber air sendang Gopa'an dan merti desa ditutup dengan pementasan berbagai jenis kesenian sehari semalam  yang di pusatkan di tengah Dusun dusun, seperti jathilan, wayang kulit, dan kesenian lain yang ada di desa tersebut.(Kb.M2)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply