» » Kebutuhan Ikan Konsumsi Kota Magelang Mencapai 2500 Ton Per Tahun

KOTA, kabarMagelang.com__Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang mencatat kebutuhan konsumsi ikan di Kota Magelang mencapai angka 2500 ton per tahun. Angka tersebut belum bisa diimbangi dengan produksi sendiri yang hanya sebanyak 150 ton per tahun. Untuk memenuhi kekurangan tersebut, sebagian besar ikan didatangkan dari luar daerah. Seperti dari Pantai Utara (Pantura) dan Jawa Timur.

"Sebagian besar ikan yang masuk ke Kota Magelang berupa ikan air laut, dari berbagai daerah. Terutama dari Pantura dan Jawa Timur," jelas Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko didampingi Kepala Seksi Produksi dan Sarana Prasarana Perikanan, Windo Atmoko, Selasa (22/1)

Eri menyebutkan, produksi ikan air tawar sebanyak 150 ton per tahun itu berasal dari lahan perikanan seluas 6,68 hektar. 

"Keterbatasan lahan yang ada menjadi salah satu faktor sedikitnya produksi ikan air tawar di Kota Magelang," imbuh Eri.

Sebagai langkah alternatif, Dinas Pertanian dan Pangan kerap menggelar pelatihan maupun workshop tentang budidaya perikanan dan pertanian di lahan terbatas. Kota Magelang juga memiliki dua Balai Benih Ikan (BBI) untuk memenuhi kebutuhan benih ikan. Yakni BBI Jurangombo dan BBI Potrobangsan.  Dari dua BBI tersebut, benih ikan yang diproduksi mencapai 200 ribu ekor per tahun.

"Produksi benih ikan sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan benih di Kota Magelang dan daerah sekitar," terang Eri.

Menurut Eri, keberadaan BBI tersebut juga memiliki misi melaksanakan alih teknologi kepada para pembudidaya ikan, meningkatkan jasa pelayanan terhadap pembudidaya ikan, serta memfasilitasi upaya pelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan.

"BBI ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelestarian sumberdaya ikan di Kota Magelang. Masyarakat bisa menjadikan BBI sebagai sarana edukasi tentang bagaimana budidaya ikan yang baik," ungkap Eri.

Beberapa jenis ikan yang dibudidaya dan dikembangkan di BBI antara lain nila, lele, gurame, dan ikan hias seperti koi dan komet.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply