» » Pemkot Magelang Komitmen Kurangi Sampah Plastik

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang akan merumuskan kebijakan terkait dengan pengurangan sampah plastik di kota sejuta bunga. Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku berharap, keberadaan sampah plastik bisa berkurang atau bahkan zero sampah plastik.

"Saya akan rumuskan. Kalau bisa Kota Magelang kurangi sampah plastik, kalau bisa zero sampah plastik, kita tidak menggunakan yang berbau plastik," ujar Sigit, sebelum kirab Anugerah Adipura, Rabu (30/1).

Dalam kesempatan tersebut, Sigit juga mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak membeli di toko-toko. Ketika berbelanja juga menggunakan tas tersendiri, bukan tas kresek.

"Karena seperti yang kita ketahui, sampah plastik itu mengurainya sangat sulit butuh ratusan tahun," terang Sigit.

Di Kota Magelang, lanjut Sigit, sudah diterapkan pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) atau menggunakan kembali, mengurangi, dan mengolah kembali/daur ulang. Selain itu, ada juga bank sampah di setiap kelurahan, serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang fungsinya mengolah sampah agar menjadi lebih efektif.

"Ini semua merupakan wujud komitmen kita dalam mengelola sampah dan kebersihan lingkungan," ungkapnya.

Sigit mengaku bersyukur, tahun ini Kota Magelang kembali berhasil memperoleh anugrah Adipura ke-10 kalinya. Perolehan ini berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Tahun ini kita dapat mempertahankan supremasi Adipura, artinya kita berkomitmen jaga lingkungan, kebersihan sehingga sejuk, bersih, nyaman dihuni," katanya.

Seperti yang diketahui, Kota Magelang secara resmi menerima penghargaan Adipura yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Jakarta pada 14 Januari 2019 lalu. Piala ini kemudian dikirab di sepanjang wilayah Kota Magelang, Rabu (30/1).

Kirab dipimpin oleh Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, diikuti para asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, dan lainnya. Kirab dimulai dari wilayah Sambung, tepatnya di depan kompleks Armed 3 Nagapakca. Piala Adipura dinaikkan dalam sebuah mobil yang telah dihias sedemikian rupa sehingga menarik perhatian.

Di urutan berikutnya, nampak mobil-mobil hias lain yang ditumpangi para camat, lurah, hingga pasukan orange dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Mereka memamerkan Adipura ke hadapan masyarakat di sepanjang rute kirab hingga berakhir di halaman Kantor Pemkot Magelang.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply