» » 1 Abad Menendang Bola Pamerkan Arsip Tertua Persepakbolaan Di Magelang

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun PPSM ke 100 bersama dengan 3 elemen supporter bola yaitu, Simolodro, Gate One, dan Squadra Tidar menggelar acara 1 Abad Menendang Bola, di Atrium Hall Artos Mall (12 – 13 Maret 2019) mendatang.

Ketua panitia, Muhamad Dicky Adfani, menyebutkan dalam acara ini menampilkan arsip-arsip sejarah persepakbolaan Kota Magelang, mulai dari jersey yang diperkenakan para pemain dari tahun 2007, syal atau scraft. Sedikitnya 30 unit yang merupakan koleksi masing – masing supporter supporter hingga dokumentasi baik berupa foto maupun berita akan PPSM.

“Tujuan diadakan kegiatan ini selain untuk edukasi kepada masyarakat akan sejarah PPSM juga untuk memperbaiki citra positif PPSM di mata masyarakat bahwa PPSM tidak seburuk yang mereka pandang saat ini,” katanya.

Yang menarik dalam pameran kali ini terdapat koleksi arsip tertua yaitu berupa berita tahun 1911 yang memperlihatkan foto tim sepak bola tentara kenil dari Maluku yang berada di Magelang dengan mengenakan jersey bola bergambarkan Burung Walet.

“Dahulu media cetak seperti koran masih menggunakan bahasa Belanda Kolonial dan narasumber juga sangatlah terbatas, sehingga hal tersebut masih menjadi kesulitan kami untuk mengumpulkan arsip – arsip sejarah awal persebakbolaan,” terang Dicky.

Selain pameran terdapat beberapa kegiatan lainnya, seperti pemutaran film dokumenter yang  menceritakan perjuangan seorang anak laki-laki yang berkebutuhan khusus selalu gigih dalam mengumpulkan uang untuk dapat membeli tiket bola PPSM.

“Dapat di lihat kegigihan anak ini untuk menonton bola dengan cara yang benar, yaitu membeli tiket, tidak main terobos seperti halnya yang ada saat ini,” pungkasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply