Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kelurahan Tidar Selatan Diunggulkan dalam Pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat se-Jateng 2019

KOTA, kabarMagelang.com__Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, diunggulkan dalam pemilihan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jawa Tengah tahun 2019. Ini karena banyak inovasi dan potensi yang diciptakan oleh masyarakat setempat, meliputi bidang kemasyarakatan, ekonomi, lingkungan, dan sosial budaya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, saat membacakan sambutan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, dalam acara penerimaan tim penilai lapangan Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jawa Tengah, di Aula Kelurahan Tidar Selatan, Magelang Selatan, Rabu (13/3).

"Tidar Selatan punya banyak inovasi dan potensi unggulan yang patut dibanggakan, jadi pantas jika diunggulkan sebagai pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Jateng," kata Windarti.

Windarti menyebutkan, di bidang kemasyarakatan, Tidar Selatan membuat Kampung Warna Warni dan Kampung Dolanan Tidar Sari. Lalu di bidang ekonomi, wilayah ini banyak berkembang UMKM yang memproduksi aneka makanan dan oleh-oleh khas Magelang seperti batik dan tahu. Sektor ini sangat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Tahu produksi Tidar Selatan dipastikan beda dengan yang lain, dibuat secara khusus dan higienis jadi sehat dikonsumsi. Kalau batik khas Magelang sudah kami terapkan peraturan setiap ASN wajib memakai setiap Kamis dan Jumat," tutur Windarti.

Kemudian di bidang lingkungan, terdapat Kampung Anggrek Tidar Campur, Bank Sampah Lancar Trunan. Kampung Organik Trunan, Kampung Mozaik Tidar Warung, dan Kampung Kerajinan Daur Ulang Tidar Warung. 

Sedangkan di bidang sosial budaya dan keagamaan, kelurahan ini telah berkembang tradisi-tradisi lokal seperti grebeg gethuk, grebeg tahu, dan sadranan yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Saya berharap pencapaian Tidar Selatan ini dapat memperkuat semangat gotong royong masyarakat, lebih dari itu dapat menginspirasi lingkungan dan wilayah lain untuk terus berbenah meningkatkan pelayanan masyarakat," imbuhnya.

Ketua Tim Penilai Pelaksana Gotong Royong Masyarakat tingkat Jateng 2019, dari Dispermades Dukcapil Provinsi Jateng, Agus Suranta, menjelaskan bahwa Kelurahan Tidar Selatan Kota Magelang masuk tiga besar dalam pemilihan ini. Dua kandidat lainnya adalah Kota Semarang dan Pakolangan.

Adapun tim penilai yang datang meliputi dari lintas instansi mulai dari Biro Kesejahteraan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi, Kesbangpol dan Linmas, TP PKK Jateng, Dispemdes Dukcapil hingga Universitas Diponegoro (Undip).

"Kami melakukan penilaian dengan tinjauan lapangan. Sejauh ini kami lihat gotong royong di Kota Magelang, khususnya Tidar Selatan, sudah merata," ungkap Agus.

Menurut Agus, pemilihan ini tidak semata-mata mencari pemenang namun bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan semangat gotong royong masyarakat. Hal terpenting adalah pelaksanaan gotong royong di masyarakat terus berkembang dan kuat, minimal dalam 4 aspek yakni kemasyarakatan, ekonomi, lingkungan, serta sosial budaya dan keagamaan.

"Sebelum tinjauan lapangan ini, sudah ada tahap presentasi proposal di Semarang pada 8 Maret 2018. Kami mohon dukungan masyarakat untuk melakukan penilaian ini," ucapnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply