Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Perketat Penilaian Adipura

KOTA, kabarMagelang.com__Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperketat penilaian penghargaan Adipura bagi kabupaten, kota, dan provinsi. Kebijakan ini menuntut pemerintah daerah untuk menyusun kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) tentang pengurangan dan penanganan sampah.

Kasi Evaluasi KLH, Vir Katrin, mengatakan penyusunan Jakstrada tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017. Adanya Jakstrada menjadi kategori utama dalam penilaian Adipura. 

"Bicara Jakstrada, maka bicara target, angka, data. Jadi dipetakan dulu berapa timbulan sampah, baru akan diketahui jumlah sampah yang bisa dikurangi. Gep (selisih) antara timbulan sampah dengan pengurangan ini yang menjadi 'PR'," jelas Katrin, dalam Ekspose Adipura 2019 di Gedung Adipura Komplek Kantor Setda Pemkot Magelang, Kamis (14/3).

Dengan adanya Jakstrada, lanjutnya, maka dibutuhkan pula partisipasi masyarakat yang maksimal. Penghargaan Adipura ke depan akan mengarah sampai pada sejauh mana upaya pengurangan sampah di daerah. Ini memberikan peluang bagi daerah-daerah yang belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah memadai, namun memiliki upaya pengurangan yang tinggi.

"Adipura arahnya kesana. Kita beri peluang kepada kota-kota yang TPA-nya belum bagus tapi pengurangannya luar biasa. Misalnya, TPA-nya masih regional tapi upaya pengurangannya tinggi, itu akan diarahkan ke Anugrah Adipura Pengurangan," jelas Katrin.

Akan tetapi untuk Anugrah Adipura dan Adipura Kencana penilaian tetap penuh pada poin pengurangan dan penanganan. 

"Penghargaan Adipura dan Adipura Kencana yang kita lihat full, pengurangan dan penanganannya. Kalau bisa dua-duanya, ya dapat Adipura Kencana," tegas Katrin.

Kasubdit Penilaian Kinerja Pengelolaan Sampah KLH, R Teddy Setya Mahendra, menambahkan program Adipura harus dapat merespon target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas), yaitu menjadikan semua kota-kota di Indonesia mencapai angka pengelolaan sampah 100 persen pada tahun 2025. 

"Dari presentase itu, sebanyak 30 persen untuk pengurangan dan 70 persen untuk penanganan. Sehingga program Adipura harus dapat mendorong daerah dalam pencapaian yang diamanatkan Jakstranas," tandas Teddy.

Teddy berujar, konsep Adipura 2025 berbasis pada 3 hal, yakni sistem dan data atau big data 4.0 (kapasitas terpasang 'sistem pengelolaan sampah kota', pemikiran'bergerak ke hulu' sehingga pengurangan sampah menjadi determinan, dan mengklasifikasikan kota ke dalam 'levelling system'.

Adapun Anugrah Adipura ke depan akan dibagi dalam 3 kategori, yakni Anugrah Adipura untuk kota-kota yang berada pada level sistem maksimal (advanced level). Lalu, Anugrah Adipura Pengurangan untuk kota-kota yang memiliki kinerja pengurangan sampah (reducing waste) sangat baik khususnya untuk sampah plastik.

"Terakhir, Anugrah Adipura Kencana untuk kota-kota yang memenuhi kriteria Anugrah Adipura dan Adipura Pengurangan ditambah kinerja dalam pengelolaan sampah," sebut Teddy.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengungkapkan kriteria penilaian Adipura yang ditetapkan oleh KLH tersebut menjadi 'PR' bersama. Ia menginstruksikan semua OPD, camat, lurah dan seluruh komponen masyarakat agar lebih pro aktif serta mempertahankan pola hidup sehat dan bersih.

"Adipura merupakan puncak penghargaan, akan tetapi dalam keseharian kita dalam menjaga kebersihan, agar tetap dipertahankan bersama," katanya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply