» » Masyarakat Kecamatan Candimulyo Gelar Festival Durian

CANDIMULYO, kabarMagelang.com__Ratusan warga Kecamatan Candimulyo, Magelang gelar Festival Durian 2019, di lpangan Kecamatan setempat, Sabtu (9/3). Acara tahunan setiap musim panen durian ini dimeriahkan dengan arak-arakan gunungan buah durian dari 19 desa, yang mana setiap gunungan diisi 100 buah durian.

“Ini acara tahunan setiap musim panen buah durian, sebagai wujud syukur masyarakat, karena setiap tahun selalu panen bagus,’’ kata ketua panitia Triyono di sela-sela kegiatanya.

Dia menyebutkan, sebagian besar warga di Kecamatan Candimulyo merupakan petani durian. Populasi tanaman durian di Candimulyo sendiri saat ini telah mencapai kurang lebih 12.272 batang, setara dengan 97, 7 hektar yang tersebar di 19 Desa di Kecamatan Candimulyo.

"Untuk rata-rata produksi buah durian di Candimulyo sendiri mencapai 75 hingga 100 buah per pohonnya. Bahkan untuk pohon umur 40-50 tahun, dapat menghasilkan 200 hingga 400 buah perpohonnya," ujarnya.

Seperti biasa festival selalu dimeriahkan dengan arak-arakan gunungan buah durian dari 19 desa yang ada di Kecamatan Candimulyo. Tiap gunungan yang berisi mencapai 100 buah durian tersebut diarak hingga menuju ke Lapangan Kecamatan Candimulyo.

"Selain gunungan, festival tersebut juga diadakan lomba besar-besaran buah durian, dan olahan durian," jelas Triyono yang juga sebagai kepala desa ini.

Untuk juara l gunungan durian sendiri diraih oleh Desa Giyanti, juara ll diraih oleh Desa Kembaran, dan juara lll diraih oleh Desa Bateh. Untuk Durian terberat, juara l diraih oleh Desa Giyanti dengan berat 8,085 Kg, juara ll diraih oleh Desa Kebonrejo dengan berat 7,945 Kg, dan juara lll diraih oleh Desa Surojoyo dengan berat 7,940 Kg.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply