» » Kementerian PUPR Segera Bangun Jembatan "Ngembik"

BANDONGAN, kabarMagelang.com__Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jembatan gantung yang menghubungkan Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang dengan Desa Rejosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Jembatan yang dibangun swadaya berupa rangkaian bambu dan tali pancang besi, dengan panjang sekitar 100 meter, lebar 1,5 meter, tersebut melintasi sungai Progo, dan setiap hari dilewati warga serta anak sekolah baik dari dari Kelurahan Kramat Utara maupun sebaliknya.

"Saya ganti tahun ini, (sebelumnya) ada usulan (untuk membangun ini), semua sudah ada, tanah sudah siap, sudah ada eksistingnya jadi tinggal ganti. Anggaran pembangunan jembatan gantung "Ngembik" ini sudah masuk dalam rencana kerja kementeriannya tahun 2019 sebesar Rp 8 miliar," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, usai meninjau jembatan, Kamis (4/4).

Pada peninjauan jembatan itu, Basuki didampingi Walikota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nusyirwan Soejono, dan jajaran Pemerintahan Desa Rejosari.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito, mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang telah lama mengajukan permohonan perbaikan jembatan "Ngembik" kepada pemerintah pusat. Sebab, jembatan ini sangat penting sebagai sarana mobilitas masyarakat dua wilayah.

"Pembangunan jembatan ini untuk memperlancar saudara kita yang ada di Bandongan dan keseluruhan. Kalau pagi kayak apa itu, mau papasan saja sulit. Saya pernah mau lewat takut, hampir merangkak. Tadi Pak Menteri sudah menyampaikan tahun ini akan dibangun," ungkap Sigit.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nusyirwan Soejono menuturkan pihaknya sering mendapatkan masukan terkait kondisi jembatan "Ngembil" ini, dan dirasakan sudah tidak layak untuk digunakan.

"Kebetulan Pak Menteri sedang di sini, saya ajak meninjau langsung ke lokasi supaya segera ditindaklanjuti," ujarnya. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply