Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Lima Karya Krenova 2019 Kota Magelang Maju Tingkat Jateng

KOTA, kabarMagelang.com__Lima karya peserta lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2019 yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang berhak mengikuti lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kelima peserta tersebut dibagi dalam kategori B dan C.

Untuk kategori B meliputi 3 karya, yakni ‘Pemanfaatan Limbah Plastik untuk Media Tanam’ karya R Saiful Haq Brata Kusuma dengan nilai 84,38, lalu ‘Drying Room’ karya Chamim Susanto (80,54) dan ‘Sampah Sayur Rumah Tangga menjadi Berkah’ karya Nasrul Hidayat Subagyo (80,31).

Adapun untuk ketegori C meliputi 2 karya, yakni ‘Tukarsampah.id’ karya Ben Swarna Sugi (79,41) dan ‘Net Desk’ karya Rizaldi Alfian Nur (77,84).

Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi (PHI) Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo, mejelaskan lima karya yang terpilih merupakan hasil seleksi dari 24 peserta yang masuk ke panitia Krenova 2019. Meski belum memenuhi nilai sempurna minimal 90 (kategori A) namun kelimanya berhak dikirim ke tingkat Jawa Tengah.

"Karya peserta Krenova 2019 belum ada yang masuk kategori A. Hanya 3 karya yang masuk kategori B dan 2 karya ketegori C. Nilai peserta lomba krenova tahun ini sangat ketat. Ini bukti krenova lebih berkualitas dibanding sebelumnya," kata Catur, di kantornya, Selasa (2/4).

Catur menyebutkan, di tingkat Kota Magelang, 3 karya peserta yang masuk kategori B masing-masing mendapat hadiah uang tunai Rp 5 juta dan piagam penghargaan dari Walikota Magelang. Sedangkan untuk kategori C masing-masing mendapat hadiah Rp 1,2 juta dan piagam penghargaan dari Walikota Magelang.

Kelima karya terbaik di tingkat Kota Magelang itu, selanjutnya akan mewakili Kota Magelang ke Krenova 2019 tingkat Provinsi Jateng bersama wakil dari Kota dan Kabupaten lain se-Jateng lainnya yang masing-masing juga mengirimkan lima karya. Di tingkat provinsi nantinya akan diambil 30 karya terbaik, yang dibagi 10 pemenang utama, 10 pemenang harapan, dan 10 pemenang favorit. 

Untuk diketahui, Krenova yang diselenggarakan sejak tahun 2004 itu telah menghasilkan 423 karya. Beberapa karya di antaranya berhasil maju ke tingkat Jateng hingga nasional. Peserta Krenova 2019 berasal dari berbagai kelurahan di Kota Magelang. Kategori yang dilombakan adalah rekayasa teknologi, kerajinan dan industri rumah tangga, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, kesehatan, agribisnis dan pangan. 

"Kategori yang tidak ada pesertanya adalah pendidikan, kelautan dan perikanan serta sosial. 

Kepala Sub Bidang Penguatan Harmonisasi Balitbang Kota Magelang, Misrun, menambahkan tahun 2018 lalu pihaknya mengirimkan 8 karya dan satu karya diantaranya lolos ke tingkat Provinsi Jateng yakni 'Alat Panggang Otomatis’. 

"Karya tersebut kategori C, jadi  belum tentu yang kategori di atasnya pasti lolos tingkat Jateng," terang Misrun

Misrun melanjutkan, setelah dinyatakan lolos di tingkat provinsi, temuan alat panggang otomatis itu saat ini dalam proses menjadi perusahaan pemula berbadan teknologi startup di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply