Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Ajak Masyarakat Jaga Persudaraan Pasca Pemilu

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang (Pemkot Magelang) mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga persaudaraan setelah perhelatan Pemilu, 17 April 2019 lalu. Pemilu seharusnya tidak merubah jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat, dengan memegang teguh persatuan dan kesatuan, meskipun berlatar belakang kehidupan yang beraneka ragam. 

Demikian diungkapkan Walikota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Joko Budiyono, dalam pengajian peringatan Isra' Mi'raj 1440 H, di Masjid Agung, Alun-alun Kota Magelang, Selasa (23/4).

"Jika memang sempat ada sedikit gesekan karena perbedaan tersebut, marilah kita kembali merapatkan barisan untuk tetap bersatu dan saling memaafkan, demi keutuhan dan kejayaan NKRI," tutur Sigit.

Kegiatan keagamaan ini, kata Sigit, merupakan salah satu wujud nyata syiar Islam dalam upaya peningkatan kualitas umat. Sekaligus wahana silaturahim di antara ulama’, umaro’, dan ummat untuk lebih mempererat tali persaudaraan, yang nantinya akan bermuara pada semakin kokohnya persatuan dan kesatuan. 

Lebih lanjut, Sigit mengutarakan bahwa pada hakikatnya Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa sakral ketika Rasulullah Muhammad S.A.W menerima perintah dari Allah S.W.T agar beliau beserta umatnya menjalankan sholat lima waktu setiap hari. 

Sebagai seorang muslim, tentunya dalam memahami perintah sholat lima waktu, tidak sekadar rutinitas belaka. Namun ada nilai yang terkandung dalam ibadah sholat setidaknya mampu tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, sebagai khalifah di bumi, umat muslim mengemban tugas amar ma’ruf nahi munkar. Fondasi pokok akhlaqul karimah merupakan hal yang mutlak diperlukan demi terciptanya kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang berkualitas. 

"Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada masyarakat, agar senantiasa menjaga suasana kehidupan harmonis, serta saling menghormati, dalam lingkup intern dan antarumat beragama, serta umat beragama dengan pemerintah," papar Sigit.

Pengajian peringatan Isra Mi'raj 1440 H menghadirkan penceramah KH. Dr Arja Imroni, M.Ag, dosen UIN Walisongo Semarang. Turut hadir Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, jajaran Forpimda Kota Magelang, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ratusan warga Kota Magelang dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu pula, juga dilakukan pelantikan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Magelang periode 2018-2022. 

Sementara itu, dalam tausyiahnya, KH. Dr Arja Imroni, mengajak umat untuk meneladani Rasulullah yang senantiasa memiliki hati dan jiwa yang bersih. Itu adalah kunci untuk menjalani hidup di dunia dengan selamat.

"Makna yang perlu kita ambil, bahwa kalau kita ingin menjalankan hidup di dunia selamat jangan lupa bersih-bersih hati. Karena yang dinilai Allah S.W.T bukan rupa/badan tapi hati," katanya.(Kb.M3)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply