» » Pemkot Tergetkan Omset "Magelang Fair 2019" Capai Rp 4,8 Miliar

KOTA, kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang menargetkan omset seluruh penjualan produk-produk unggulan di Magelang Fair 2019 mencapai Rp 4,8 miliar. Target ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya Rp 4,4 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Sri Retno Murtiningsih, menjelaskan kenaikan target ini karena jumlah produk yang dipamerkan lebih banyak dan variatif. Setidaknya ada 198 stan hasil pembangunan, produk kerajinan dan jasa, serta 17 stan kuliner.

"Tahun lalu Magelang Fair dikunjungi sebanyak 77.000 orang, dengan omset Rp 4,4 miliar. Tahun 2019 kami targetkan pengunjung 80.000 dengan omset Rp 4,4 miliar," papar Sri, disela-sela pembukaan Magelang Fair 2019 di Alun-alun Kota Magelang, Selasa (30/4).

Sri memaparkan Magelang Fair 2019 diikuti oleh para pelaku UMKM, tidak hanya dari Kota Magelang tapi juga luar daerah seperti Kota Malang, Kota Salatiga, Kabupaten Sukoharjo, hingga Palembang. Selain itu, juga ada stan dari BUMN, BUMD, swasta dan lainnya.

Lebih lanjut, Magelang Fair merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Pemkot Magelang untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Magelang. Kegiatan ini juga sebagai ajang menjalin sinergitas pemerintah dengan pelaku usaha, swasta, dan publikasi badan pemerintahan.

"Kemudian juga menambah daya saing produk Kota Magelang di area Kedu, serta memfasilitisi akses pasar bagi peserta pameran, menjalin kerja sama antar pelaku usaha/UMKM dengan perbankan, dan sesama pelaku usaha sendiri," paparnya.

Disamping pameran, Magelang Fair juga diisi dengan kegiatan talkshow, lomba mewarnai, pagelaran seni budaya, pagelaran musik, fun cooking, fashion show dan sebagainya.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito, menuturkan Magelang Fair 2019 lebih meriah karena diikuti tidak hanya dari Kota Magelang tapi juga luar daerah. Hal ini agar para pelaku usaha lokal bisa melihat lebih luas produk luar daerah sehingga memiliki daya saing tinggi.

"Pelaku usaha tidak hanya mikir secara regional tapi nasional, bahkan global. Ini fasilitas pemerintah supaya mereka bisa membandingkan produk lain, saya pesan kepada para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing yang baik," ujarnya.

Sigit juga berpesan agar para pelaku usaha unutk menjaga jaga kualitas produk mereka. Tidak puas diri dengan terus menuangkan ide, inovasi, serta pandai menjalin relasi baik dengan pemerintah maupun swasta.

"Kalau mutu bagus, pelayanan baik, murah senyum, konsumen yang tadinya mau beli 2 jadi beli 2 kodi. Magelang Fair 2019 syukur-syukur bisa dikunjungi lebih dari 80.000, kalau bisa sampai 100.000 sehingga menimbulkan pergerakan ekonomi yang baik," urainya. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply