» » Puluhan Seniman Magelang Meriahkan Culture Journey Pondok Tingal 28 Th


Borobudur, kabarMagelang.com__Puluhan kelompok kesenian tradisional di Magelang, meriahkan Culture Journey Pondok Tingal 28 Th, di komplek Hotel Pondok Tingal Jl. Balaputradewa, Borobudur Sabtu (27/4). Acara yang digelar dalam rangka ulang tahun Pondok Tingal ke 28 ini dihadiri oleh ratusan pengunjung, baik dari masyarakat, pelajar, juga para tokoh seni budaya di Magelang.

General Manager Pondok Tingal,  Muhammad Reza mengungkapkan,  Culture Journey Pondok Tingal 28th, merupakan tema yang sengaja diangkat bertepatan dengan hari ulang Tahun Pondok Tingal ke 28tahun yang jatuh pada tanggal 27 April 2019, sejak diresmikan pada tanggal 27 April 1991 oleh Bapak Soesilo Soedarman (Menteri Pariwisata Pos dan Telephone (MENPARPOSTEL) kala itu.

“Dua puluh delapan tahun bukanlah perjalanan waktu yang singkat. Pondok Tingal sebagai salah satu tempat tujuan penginapan atau akomodasi baik local maupun mancanegara, telah menunjukkan komitmen, perjuangan, dan pengabdiannya yang tak kenal lelah dalam melayani tamu menginap, serta tamu hanya sekedar singgah untuk menikmati hidangan,” kantanya.

Dia menyebutkan, sebelum memulai serangkaian acara ulang tahun, acara diawali dengan nyekar makam almarhum Bapak Boediardjo, dilanjutkan dengan genduri dan peletakan batu pertama dilokasi bangunan belakang.

“Ini adalah wujud rasa Syukur, serta terima kasih terhadap almarhum yang juga pendiri Pondok Tingal, dan saat ini hotel tengah dalam proses renovasi. Semoga Pondok Tingal tetap sebagai salah satu akomodasi di Borobudur,” ujar Reza. 

Acara ini dimeriahkan oleh beberapa kelompok seni tradisional yakni dari dongeng anak oleh Ki Roni Sadewa, Pencak Silat, Jathilan Kerug Batur, Pagelaran Tari dari Sanggar Sanggar Joglo Pete meliputi Tari Beksan Pangabekten, Tari Gambyong, Minak Jinggo dan Priyambada - Mustakaweni. Dilanjutkan penampilan dari Sanggar Beksa Kinara Kinari yaitu tarian Rebana laras madyo, Tari Gandhewa Pinenthang dan Tari Macan – Macanan dan Gedrug.

Culture Journey Pondok Tingal 28 Th ini juga diisi dengan acara pelantikan Pengurus Pondok Seni dan Budaya Boediardjo Borobudur, periode 2019 – 2024. Yang dilanjutkan dengan arak-arakan yang diiringi oleh pengurus Pondok Seni dan Budaya Boediardjo beserta tamu undangan dan para penonton menuju ke Pendopo Savitri.

Culture Journey Pondok Tingal 28 Th ditutup dengan pementasan wayang kulit yang menampilkan dalang Nyi Fitri Bima Asih dari ISI Yogyakarta.(Kb.M2)





About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply