» » Api Dharma Waisak Disemayamkan di Candi Mendut


MUNGKID, kabarMagelang.com__Api Abadi dari Merapen, Grobogan, Purwodadi  tiba di Candi Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jumat (17/5) sore. Setiba di Candi Mendut api darma langsung diterima oleh ketua Walubi Siti Hartati Murdaya untuk disakralkan bersama umat Budha dalam rangkaian perayaan Hari Tri Suci Waisak Nasional 2563 BE/2019.

Api Dharma Waisak tiba di pelataran Candi Mendut sekitar pukul 15.00 WIB, setelah diterima ketua Walubi kemudian menuju ke tenda di pelataran Candi Mendut untuk menyalakan lilin pancawarna, di depan altar dengan patung Buddha dengan hiasan aneka bunga.

Sebelum didoakan oleh ratusan Biksu dan umat Budah Ketua Walubi Siti Hartati Murdaya menyampaikan bahwa api menjadi lambang penerangan batin umat Buddha dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Dengan penerangan itu kita berharap bisa menjalani hidup dengan benar. Dengan demikian kita bisa mengalahkan setiap ego yang dimiliki, terlepas dari keserakahan serta kebodohan,” ungkapnya,

Momentum perayaan Waisak ini ketua Walubi mengajak seluruh umat Budha untuk selalu mendalami ajararan Sang Budha yang mengajarkan Dharma tentang nilai universal, falsafah, dan hakekat makna kehidupan manusia sejati.

“Pada perayaan wiasak ini sekali berbuat kebaikan akan dibalas dengan seratus kali kebajikan, tetapi sekali berbuat keburukan akan mendapat balasan seratus ribu kali kejelekan. Untuk itu momentum waisak ini merupakan peluang untuk menunjukkan ketauladanan kepada umat manusia, dengan meninggalkan kepentingan pribadi, serta mencari kebebasan dari penderitaan manusia,” ujar Hartati.

Selanjutnya para Biksu bersama umat Buddha melaksanakan doa dan parita suci, diteruskan prosesi pradaksina yaknii berjalan kaki mengelilingi plataran dan candi masing-masing tiga kali sambal membawa api Dharma, sebelum api tersebut di semayamkan di dalam candi.(Kb.M2)





About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply