» » HUT RI ke 74 Ribuan Warga Ikuti Jalan Santai di Kota Magelang

Kota,  kabarMagelang.com--Lebih dari 15.000 orang memadati sejumlah ruas jalan di Kota Magelang, Minggu (18/8). Walikota Magelang, Sigit Widyonindito sampai berkomentar bahwa peserta jalan sehat sukses membuat kawasan Alun-alun dan sekitarnya menjadi lautan manusia.

Jalan sehat digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Kota Magelang. Belasan ribu warga itu menempuh rute sekitar 4,3 kilometer sejak pukul 06.30 WIB.

Warga berkerumun di Jalan Alun-alun Timur depan eks Gedung Magelang Teater untuk menunggu aba-aba pengangkatan bendera start yang dilakukan oleh Walikota. Selanjutnya, Walikota bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang juga mengikuti jalan sehat itu.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Jarwadi mengatakan jalan sehat dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ini rutin dilaksanakan. Hanya saja, rute yang dilewati selalu berbeda.

Untuk tahun ini, katanya, rute dari Alun-alun Kota Magelang ke Jalan Mayjend Sutoyo, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawan, Jalan Abdurahman Saleh, Jalan A Yani, lalu berakhir di Alun-alun Kota Magelang.

”Jalan sehat memang momen untuk berolahraga bersama, bergembira, masyarakat kumpul. Selain itu, juga membangun silaturahmi sekaligus mengenalkan potensi dan kondisi di setiap sisi Kota Magelang,” ujar Jarwadi. 

Ia mengaku jika jalan sehat kali ini termasuk yang paling spektakuler dibanding gelaran yang sama pada tahun sebelumnya. Tak hanya warga Kota Magelang saja karena warga luar daerah pun turut serta memeriahkannya.

”Pesertanya menjadi yang terbanyak kali ini. Kita menyediakan tiga sepeda motor sebagai hadiah utama, dari bantuan CSR, BUMD, dan masyarakat. Kemudian hadiah lain seperti sepeda gunung, LED, kulkas, dispenser, dan ratusan doorprice,” jelasnya didampingi Kabid Olahraga Disporapar Kota Magelang, Subarkah.

Menurut Jarwadi, peserta yang jumlahnya sangat spektakuler ini dipicu semangat masyarakat untuk berolahraga. Selain itu, tingkat partisipasi aparatur sipil negara (ASN) juga cukup tinggi kali ini.

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan, jalan sehat memang menjadi momentum tepat warga untuk tidak sekadar berolahraga, akan tetapi juga wujud rasa syukur kepada Tuhan atas pencapaian Kota Magelang yang aman dan nyaman. 

”Kita bersyukur kepada Allah SWT akan karunia dan anugerah pencapaian yang baik, segudang prestasi, keindahan, kebersihan, kenyamanan, ketertiban oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” katanya.

Menyoal usia kemerdekaan RI ke-74, kata Sigit, harus dimaknai dengan penuh intropeksi diri. Terutama mengenang dan meneladani jasa-jasa para pahlawan.

”Semangat kita harus sejalan dengan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan di Republik Indonesia tercinta ini,” paparnya.

Orang nomor satu di Kota Sejuta Bunga itu juga berharap, adanya jalan sehat yang diikuti belasan ribu peserta ini juga memberikan dampak positif bagi potensi Kota Magelang. Salah satunya adalah promotor pariwisata.

”Lewat kegiatan olahraga, tak hanya menyehatkan, tetapi juga menjadi promosi jitu dalam mengangkat potensi pariwisata di Kota Magelang. Warga bisa memanfaatkan momen ini, kemudian mengunggahnya di media sosial, dan efeknya pasti akan sangat positif,” tuturnya.

Sementara itu, raut wajah sumringah begitu terpancar dari sosok perempuan ASN Bagian Hukum Setda Kota Magelang, Lis Handayani. Pasalnya, berkat keikutsertaannya jalan sehat bersama, dia berhak membawa pulang satu unit sepeda motor.

”Ya tidak menyangka saja karena sebelumnya selalu ikut jalan sehat, tapi baru kali ini dapat hadiah. Hadiahnya utama lagi. Tentu sangat senang dan bahagia,” ucapnya.

Ia mengaku ikut jalan sehat, karena memang sudah menjadi kebiasaan satu keluarga. Kala itu, dia mengajak serta anak-anaknya.

”Olahraga kan menyehatkan. Rutin sih, kalau ada selalu ikut. Saya harap ke depan jalan sehat semacam ini makin sering digelar dan makin banyak hadiahnya,” pungkasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply