Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Meski Belum Tentukan Harga Kios, Ribuan Pedagang Mulai Dipindahkan ke Pasar Muntilan Yang Baru


Muntilan, kabarMagelang.com__ Meski sampai saat ini belum bisa menentukan harga kios, namun para pedagang di pasar penampungan hari ini (12/8)  secara bertahap mulai dipindahkan ke pasar yang baru. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Drs H Asfuri Muhsis MSi, pada saat sosialisasi dengan ribuan pedagang, di pasar Muntilan Selasa (13/8)

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Drs H Asfuri Muhsis, mengatakan bahwa penentuan harga kios dan los di Pasar Muntilan yang baru, memerlukan proses lama, dan harus melibatkan pihak appraisal, yakni penaksir harga dari penyedia jasa khusus, yang tidak bisa diintervensi siapapun.

“Mengenai harga tebusan kios/los bagi pedagang yang telah mempunyai ijin/SKHPTD, belum bisa disebutkan angkanya, tetapi saya menjamin harganya relatif jauh lebih rendah dibanding dengan harga pada umumnya. Sehingga dipastikan harganya terjangkau pedagang,” katanya.

Selain itu pemindahan dan penempatan pedagang Pasar Muntilan harus degan pertimbangan yang matang. Banyak factor yang perlu dikaji lebih dulu. Para pedagang diharapkan tidak hanya melihat secara fisik pembangunan gedung yang  sudah jadi.

“Pemindahan harus  pas dengan situasi. Kebetulan kemarin pembangunan pasar selesai  juga bertepatan dengan pemilu, bulan puasa, Idul Fitri, dan liburan sekolah,” ujar Asfuri.

Dia juga menegaskan bahwa masa pemeliharaan gedung Pasar Muntilan baru selesai akhir Juli 2019 kemarin. Selanjutnya diadakan pemeriksaan bangunan oleh Inspektorat. Setelah dinyatakan tak ada masalah, diadakan penyerahan kepada pengguna yakni Disdagkop dan UKM, untuk menata pedagang sekaligus menempati pasar.

“Agar tehnis pindahan para pedagang  tertib dan terkendali maka akan dilakukan bertahap. Hari ini sampai Kamis (15/8), dilakukan penataan kelengkapan sarana prasarana penempatan. Tahap pertama, dimulai dari pemakai kios yang jumlahnya 268. Kemudian 1.509 pemilik los dan diharapkan selesai 25 Agustus. Disusul 1.202 pedagang lesehan selesai 31 Agustus. Dengan demikian 1 September 2019 seluruh pedagang bisa berjualan di Pasar Muntilan yang baru,” jelasnya.

Sosialisasi penempatan pedagang dilanjutkan dengan Mujahadah yang dipimpin KH Ali Qoeshor Ahmad (Gus Ali), pimpinan Pondok pesantren Watucongol Muntilan. Hadir Pj Camat Muntilan Drs H Jawawi, serta para pejabat Forkompincam Muntilan, pimpinan Bank, BPR, BMT.

Mengenai posisi kios, los dan tempat dagang serta harga, diharapkan mengikuti aturan yang ada. Jika masih ada yang kurang sesuai, hendaknya dimusyawarahkan dengan paguyuban.

“Sampaikan aspirasi dengan benar. Jangan mudah terpengaruh informasi atau ajakan yang kadang kurang baik, yang justru bisa merugikan pedagang itu sendiri,” ujar Gus Ali.(Kb.M2)





About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply