» » Pemkot Magelang Akan Gelar Car Free Day (CFD) di Sport Center Senden


Kota, kabarMagelang.com__Pemkot Magelang siap menghadirkan car free day (CFD) di kawasan Sport Center Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kota Magelang. Rencananya CFD akan dimulai Minggu (15/9) pagi bersamaan dengan  Sunday Morning (Sunmor).
Kegiatan CFD dan Sunmor ini akan dirangkai dengan kegiatan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 tingkat Kota Magelang. Tak kurang dari 1.500 orang akan meramaikan hari tanpa kendaraan bermotor ini.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Suryantoro mengatakan, sampai akhir tahun ini, pelaksanaan CFD akan dlaksnakan sebanyak lima kali. Namun, pemkot memberi kebebasan kegiatan CFD dan Sunmor bisa berlangsung setiap hari Minggu
“Karena ini rintisan, maka harus kita dukung setiap hari Minggu. Kami siap menerjunkan personel untuk mengawalnya. Harapannya event perdana ini mampu berdaya tarik tinggi, sehingga setiap hari minggunya nanti tetap meriah,” ujarnya di kantornya, Jumat (13/9).
Dia menuturkan, sebagai pengatur dan pengelola CFD Dishub akan menggandeng dua organisasi, yakni Paguyuban UMKM Mega Tidar dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang.
“Kami percayakan untuk mengatur CFD dan Sunmornya. Kami backup untuk pengaturan jalannya, yakni penutupan Jalan Tentara Genie Pelajar, dari ujung utara berbatasan dengan Aspol hingga selatan berbatasan dengan Jalan Jeruk Selatan. Adapun Jalan Jeruk Barat tidak kita tutup,” katanya.
Selain itu, juga menggandeng sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk memeriahkannya. Seperti Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) yang di event perdana ini akan dilaksanakan peringatan Haornas tahun 2019 tingkat Kota Magelang.
“Juga OPD lainnya yang diharap semua mendukung CFD/Sunmor ini. Selain untuk mengurangi gas emisi, juga untuk meningkatkan gairah ekonomi di kawasan tersebut,” jelasnya.
Terpisah, Kepala Disporapar Kota Magelang, Djarwadi mengutarakan, pihaknya siap mengadakan peringatan Haornas di kawasan CFD/Sunmor Sport Center Sanden. Beragam kegiatan akan dilakukan, seperti senam massal, pentas tari modern, hingga hiburan musik organ tunggal.
“Kita kolaborasi dengan Dishub dan pengelola CFD untuk event perdana ini. Termasuk setiap hari Minggu kami siap mengisi kegiatan olahraga, seperti senam yang menggandeng komunitas senam Formi dan Aerobik,” paparnya.
Sementara itu, Koordinator Paguyuban UMKM Mega Tidar, Fathurrazaq mengemukakan, pelaksanaan CFD akan diramaikan ratusan stand pedagang pengisi Sunmor. Tak kurang dari 200 lapak pedagang akan buka di event perdana ini.
“Antusias pedagang sangat besar, dilihat dari saat kita buka pendaftaran melalui google form dan manual langsung diserbu pendaftar. Kuota pedagang hanya sekitar 215, ternyata yang mendaftar hampir 300. Hari Kamis kami sudah mengundi tempat jualan pedagang agar lebih tertib,” ungkapnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply