» » 10.000 Penari Soreng Magelang Bakal Pecahkan Rekor Muri

Mungkid, kabarMagelang.com--Setelah sukses tampil di Istana Negara untuk memperingati HUT RI ke-74 Agustus kemarin, para penari soreng dari Kabupaten Magelang bakal kembali tampil untuk memecahkan rekor Muri pada Hari Sumpah Pemuda, yang akan diselenggarakan di sepanjang jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid, pada tanggal 28 Oktober 2019 mendatang, dengan menampilkan 10.000 penari soreng.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Plt Sekretaris Disdikbud Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein, mengatakan, event tersebut selain arahan Bupati Magelang, juga bertujuan melestarikan kebudayaan khas peninggalan nenek moyang yang sudah berkembang di masyarakat, khususnya di lereng Gunung Merbabu dan Gunung Andong, Kabupaten Magelang. 

"Kita juga audah berkoordinasi dengan pihak Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai permohonan pendaftaran pencatatan rekor penari soreng terbanyak," kata Ahmad Husein, di kantornya Rabu (16/10).

Ketua Harian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso, menjelaskan bahwa, karena peserta tari soreng ini sangat banyak, maka mereka pun akan berlatih secara terpisah dengan arahan dan gerakan yang sama.

"Kita bagi di setiap Kecamatan dan Desa, namun dengan gerakan yang sama," jelasnya.

Mul Budi, memperkirakan umlah penari soreng ini bisa lebih dari 10.000 peserta, mengingat antusias masyarakat Kabupaten Magelang yang sangat luar biasa.

"Kita akan melibatkan dari anak sekolah, mahasiswa, sanggar, seniman, dan masyarakat umum. Tentunya kita telah persiapkan dari jauh-jauh hari," pungkas, Mul Budi.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply