» » Disbud Kabupaten Magelang Gelar Sosialisasi Pengamanan Aset Sekolah


Mungkid, kabarMagelang.com__Seringnya terjadi tindak pencurian disejumlah lembaga pendidikan dengan sasaran komputer sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Magelang, menggelar sosialisasi pengamanan aset, yang diikuti oleh para kepala sekolah SLTP dan penjaga malam se Kabupaten Magelang di Aula Dikbud Kamis (10/10). Hadir sebagai nara sumber, dari Polres Magelang, bidang Monitoring Centre dan UR Identifikasi.

“Beberapa bulan terakhir, kami menerima laporan pencurian di sejumlah sekolah. Dan ini berulangkali terjadi dengan sasaran komputer. Terus terang kami prihatin. Dan ini tidak bisa didiamkan. Kami harus berbuat dan hari ini (kemarin) kami lakukan kegiatan ini,” kata Plt Kepala Dikbud Kabupaten Magelang, Drs Endra Endah Wacana.

Dalam sosialisasi tadi, muncul gagasan agar sekolah memiliki pengamanan sekolah yang representative. Baik terkait alat maupun SDM.

“Selain harus memiliki cctv, sekolah juga harus memiliki tenaga pengamanan yang terlatih. Selama ini, tenaga pengamanan sekolah rata-rata sudah berusia tua. Di sisi lain, mereka tidak memiliki ketrampilan, keahlian maupun sertifikasi sebagai tenaga pengamanan,” ujarnya..

Salah satu nara sumber dari Polres Kabupaten Magelang. Sigit Purwandono dari UR Identifikasi mengatakan, jika terjadi tindak pencurian, hal yang harus dilakukan adalah amankan TKP dan barang bukti.

“Jangan sentuh apa pun apalagi memindah, merusak. Biarkan semua di tkp berada ditempat asalnya,” kata Sigit.

Terkait usulan agar patroli Polisi juga mengunjungi sekolah, Ipda Kukuh menyambut baik usulan tersebut.

“Memang idealnya seperti itu. Patroli juga masuk ke sekolah-sekolah. Selama ini ada empat kali patroli yang kami lakukan, patrol pagi, siang dan malam dua kali. Untuk malam, selama ini memang dikhususnya monitoring kegiatan siskamling di desa-desa. Kedepan akan kami usulkan untuk juga menyambangi sekolah-sekolah,” imbuhnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply