Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kota Magelang Juara 2 Lomba Habitat Tingkat Jawa Tengah

Kota, kabarMagelang.xom--Keseriusan Pemkot Magelang dalam mengentaskan kawasan kumuh diganjar penghargaan sebagai juara kedua Lomba Habitat tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kota Sejuta Bunga mengangkat inovasi Program Kampung Tematik Terpadu dan Hijau atau Teduh.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Magelang, Handini Rahayu alias Dini saat dihubungi, kemarin. Kota seluas 18,54 km2 ini menempati urutan kedua setelah Kota Surakarta dan di atas Kabupaten Pekalongan.

"Kota Surakarta tetap unggul. Tapi, kita berhasil mengungguli Kabupaten Pekalongan di urutan ketiga. Lalu juara harapan 1 Kabupaten Banyumas, harapan 2 Kota Tegal, dan harapan 3 Kota Semarang,” ujarnya.

Dia mengaku, sangat bersyukur program perdana ini langsung mendapat apresiasi tinggi dari provinsi. Menurutnya, prestasi ini dapat diraih berkat usaha dan perjuangan semua elemen baik organisasi perangkat daerah (OPD) terkait maupun masyarakat.

“Ini bentuk kolaborasi yang harmonis. Saya harap, bentuk kolaborasi pemerintah beserta semua komponen masyarakat ini dapat diterapkan di kawasan-kawasan lain. Khususnya, dalam rangka penataan dan peningkatan kualitas permukiman di Kota Magelang,” katanya.

Dini menyebutkan, atas raihan prestasi ini, Pemkot Magelang akan mendapatkan hadiah berupa program pembangunan infrastruktur senilai Rp 750 juta. Adapun pelaksanaannya di tahun 2020 mendatang melalui anggaran Provinsi Jawa Tengah.

“Nanti, infrastruktur yang dibangun sesuai dengan rencana yang tertuang dalam proposal. Tentu ini makin membuat kita terpacu untuk menuntaskan kawasan kumuh hingga nol persen,” tandasnya.

Sebelumnya, inovasi Kampung Teduh yang digagas Pemkot Magelang masuk dalam nomine Lomba Hari Habitat 2019 tingkat Jawa Tengah pada bulan September lalu. Kelurahan Panjang menjadi proyek percontohan program ini dan sudah dinilai oleh tim penilai.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina saat menerima kedatangan tim menilai mengaku, optimis Kampung Bogeman Wetan, Kelurahan Panjang dapat memberikan prestasi terbaiknya. Sebab, kemandirian dan PHBS masyarakat kampung dan sentuhan dan Pemkot dalam menata kawasan permukiman ini sudah sangat baik.

"Mengubah perilaku masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya adalah hasil sinergi masyarakat dengan pemerintah, termasuk dengan Camat dan Lurah, OPD, dan stake holders terkait. Saya harap kampung ini menjadi barometer dan motivasi bagi kelurahan lain dalam menata masalah pemukiman,” jelasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply