» » Merasa Tercemar Oleh PT Sidoagung Farm, Ratusan Warga Melakukan Aksi Unjuk Rasa


Mungkid, kabarMagelang.com__Ratusan warga Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Magelang yang mengatasnamakan Aliansi Masyarkat Magelang Unrtuk Keadilan (AMMUK) melakukan aksi unjuk rasa di halaman Setda Kabupaten Magelang, Kamis (3/10). Mereka menuntut kepada Bupati Magelang untuk menghentikan aktivitas produksi PT Sidoagung Farm (pabrik pakan ternak), di Dusun Punduh, Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, karena pabrik tersebut dinilai sudah mencemari lingkungan warga.

Korlap sekaligus warga terdampak aktivitas PT Sidoagung Farm, Asep Harso Tarmungkas, mengatakan bahwa, sedikitnya ada lima dusun di Desa Sidoagung, merasa terganggu dengan aktivitas produksi dari PT Sidoagung Farm.

"Tuntutan kami agar PT Sidoagung Farm jangan sampai menimbulkan polusi saat berproduksi," katanya.

Mereka mengaku sudah tiga kali menyampaikan keberatan kepada pemerintah sebanyak tiga kali namun belum ada tanggapan, termasuk melayangkan surat langsung kepada Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke Magelang beberapa bulan lalu. Selain itu pihaknya juga sudah melakukan cek kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kejaksaan, bahwa PT Sidoagung Farm ternyata belum mengantongi izin.

“limbah dari PT Sidoagung Farm sudah mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berdampak pada kesehatan warga sekitar, selain menyebabkan bau yang tidak sedap, warga juga sering mengalami sesak nafas. Bahkan Puskesmas setempat juga mengiyakan  tentang polusi yang disebabkan proses produksi pabrik pakan ternak ini," jelas Asep

Aksi diterima selain dari pihak Pemda Magelang yang diwakili Asisiten Tiga Endra Endah Wacana juga diterima langsung Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto SE.

“Tuntutan mereka masih wajar, hanya masalah polusi. Kami akan mengagendakan mediasi dengan instansi terkait untuk menyelesaikan masalah ini besok Senin (7/10). Masalah hasilnya seperti apa kita lihat setelah ada mediasi. Kita kan baru mendengar dari pihak warga,” ungkapnya.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Perkenalkan Kami dari PT. ANAK DESA INDONESIA yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.

    Demikian perkenalan kami,atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

    Thanks,
    Mr. Muhajir
    Marketing import

    PT. ANAK DESA INDONESIA
    International Freight Forwarder
    Ruko Pasar Moderen Harapan Indah No. R 41 rt.10 rw.08
    Kel. Pusaka Rakyat Kec.Tarumajaya Bekasi Jawa Barat. 17422
    Telp : +621 8888 6410
    Fax : +621 8889 4414
    Mobile : 0812 6585 8034 (WA)
    Email : muhajir.import@gmail.com

    BalasHapus