Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Penyebab Kebakaran Pasar Blabak Masih Diselidiki, Kerugian Ditaksir Mencampai 3 Miliar Rupiah


kabarMagelang.com__Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana meninjau lokasi terjadinya kebakaran di Pasar Blabak, Mungkid, Kamis (17/10). Di bekas pasar yang terbakar Kamis (17/10) tadi malam tersebut,  Edi mengatakan akan segera merapatkan secara khusus untuk mengambil langkah-langkah apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kalau nanti harus dibangun secara keseluruhan, pasti akan kita buatkan pasar penampungan sementara," kata, Edi disela-sela meninjau lokasi kebakaran di Pasar Blabak, Jumat (18/10) pagi.

Dia menilai bahwa sebenarnya secara fisik kondisi Pasar Blabak tersebut memang sudah tidak layak lagi. 

"Nanti kita akan bahas bersama Dinas Pasar terkait lokasi pasar darurat. Yang pasti secepatnya, apalagi ini menjelang musim hujan," tegas Edi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, menyebutkan, 30 persen bangunan Pasar Blabak ludes terbakar. Dari sejumlah 582 pedagang yang terdampak kebakaran sekitar 90 pedagang los. Sementara kerugian material yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut mencapai kurang lebih Rp 3 Miliyar (berupa bangunan) belum ditambah kerugian barang.

"Secara fisik, bangunan Pasar Blabak ini memang sudah rapuh karena sejak zaman belanda. Bahkan sebagian bangunan masuk cagar budaya," ungkap Asfuri.

Saat ini pihaknya akan segera melakukan pendataan pedagang yang terdampak kebakaran untuk segera melakukan langkah-langkah strategis.

Sedangkan penyebab terjadinya kebakaran sendiri untuk sementara diduga kuat karena terjadi korsleting listrik. Namun demikian, pihaknya telah menyerahkan penyelidikan lebih lanjut kepada aparat yang berwajib.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply