Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Dorong Pelaku Utama Perikanan Berkelompok


kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang mendorong pelaku utama perikanan di Kota Magelang untuk berkelompok. Ini penting agar mereka mudah mendapatkan akses pembinaan dan pengembangan usaha mereka dari pemerintah maupun lembaga lainnya.

“Dengan berkelompok, para anggota dapat difasilitasi dalam sarana produksi, penyediaan permodalan (Kredit Mikro dan KUR)  dan penyediaan informasi secara kolektif,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang Eri Widyo Saptoko, di kantornya, Selasa (26/11/2016).

Menurutnya, Pemkot Magelang berkomitmen untuk terus membangun sektor perikanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku utama perikanan, khususnya budidaya ikan air tawar. Selain itu, juga meningkatkan angka konsumsi ikan (AKI) Kota Magelang yang masih tergolong rendah.

“Harus terus diimbangi dengan peningkatan produksi dan produktivitas perikanan di Kota Magelang, dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau wilayah Kelurahan yang masih memiliki potensi pengembangan perikanan untuk bersinergi dengan Disperpa Kota Magelang. 

“Ayo kita bareng-bareng mengoptimalkan aset-aset yang masih kita miliki. Jadi walaupun potensi sektor perikanan kecil, tetap perlu terus dioptimalkan untuk usaha budidaya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku utama perikanan,” tandasnya.

Salah satu upaya Disperpa untuk mendorong agar pelaku utama perikanan berkelompok adalah dengan penyelenggaraan Lomba Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan dan Lomba Lantip, Trampil dan Trengginas (LTT) ke-5 di lingkungan RT 3 RW 8 Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, Sabtu (23/11) lalu. 

Kegiatan lomba diikuti oleh peserta dari berbagai kelompok, antara lain kelompok pembudidaya ikan, kelompok pengolah dan pemasaran perikanan  dan kelompok masyarakat lainnya. Eri menyebut, lomba ini sekaligus untuk mendukung program Ayo Ke Magelang Jilid 2 dan peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2019. 

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Disperpa Kota Magelang, Hadiono, menerangkan tujuan lomba tersebut untuk memberikan apresiasi kepada kelompok pelaku perikanan atas peran sertanya dalam upaya pengembangan kelompok perikanan sehingga dapat menjadi contoh bagi kelompok perikanan lainnya. 

Hadiah yang diperbutkan mencapai Rp 9 juta. Para pemenang juga mendapatkan tropi, piagam, dan uang pembinaan. Adapun para pemenang antara lain, Juara I Tidar Manfaat Barokah (TMB) dari Tidar Selatan, Juara II Raos Mino dari Kelurahan Gelangan, dan Juara III Mina Lestari dari Kelurahan Panjang. Sedangkan Juara Harapan I Nusa Indah 3 dari Kelurahan Jurangombo Utara, Juara Harapan II Mina Cikal Sari dari Kelurahan Wates, dan Juara Harapan III Mina Arum Sari dari Kelurahan Kedungsari.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply