» » Kabupaten Magelang Darurat Sampah


kabarMagelang.com__Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana menyoroti mengenai persoalan pengelolaan sampah di Kabupaten Magelang. Selain itu TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sudah tidak layak, tingginya sudah mencapai lebih dari 10 meter. Akibatnya kalau ada angin bau sampah samapi ke kantor pemerintah daerah.

“Saat ini Kabupaten Magelang sudah darurat sampah,” ujar Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana.saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang Tahun 2019, di Atria Hotel, Selasa (17/12).

Edi menilai, persoalan di TPA selama ini hanya memindah sampah saja. Sementara untuk membangun TPA baru bukan perkara yang mudah. Ada persyaratan yang harus berjarak minimal 1 kilo meter dari rumah atau permukiman penduduk. Untuk mencari lokasi seperti itu di Magelang sudah tidak sulit.

“Oleh sebab itu sangat diperlukan pengolahan sampah yang signifikan dengan sistem 3R (reduce, reuse, dan recycle), dan bagaimana kita mengelola menjadi sampah organik dan non organik sehingga tidak menimbulkan masalah,” jelasnya.

Edi menambahkan bahwa, keberadaan bank sampah di Kabupaten Magelang juga masih perlu didorong dan ditingkatkan kembali karena masih 'hangat-hangat tai ayam'.

"Awal-awal begitu semangatnya, tiga bulan kemudian saya datangi sudah tampak bosan. Lalu lima bulan kemudian sudah tidak ada," ujar Edi.Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply