» » Lomba Drumblek Menjadi Icon Festival Kampung Gunung Telomoyo


kabarMagelang.com__Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang gelar Festival Kampung Gunung “Telomoyo Ngangeni” kembali digelar, (29-1/12/2019) malam. Kegiatan yang kedua kalinya digelar dan  bekerjasama dengan Komunitas Seni Budaya Nusantara (KSBN) Magelang ini diisi berbagai rangkaian kegiatan seperti Telomoyo Night Carnival, penampilan Om Wawes, lomba senam kreasi antar sanggar dan lomba Drumblek, yang diikuti puluhan grup dari berbagai kota seperti Semarang dan Salatiga, selain tuan rumah Kabupaten Magekang.
Ketua KSBN Magelang, Mul Budi Santoso, mengatakan dari berbagai kegiatan ada salah satu ciri khas yang dijadikan event tahunan yakni lomba drumblek.

“Pada hari terakhir masih banyak keseruan mulai dari Paralayang, penampilan soreng istana dan juga konser Pendhoza,” ungkapnya.

Plt Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Disparpora Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini mengatakan lomba drumblek ini memang khas disini.
“Di Kabupaten Magelang perlombaan drumblek masih jarang, maka kami sajikan di event ini,” ujarnya.
Senada dengan Jono ketua salah satu grup drumblek mengatakan dengan adanya lomba drumblek di Festival Gunung Telomoyo ini dapat memotivasi generasi muda saat ini untuk dapat meningkatkan kesenian drumblek.
"Kita ketahui bahwa biasanya kesenian indentik dengan kesenian rakyat yang berbentuk tarian. Sedangkan untuk drumblek sendiri menggunakan alat-alat yang mayoritas terbuat dari barang-barang bekas," jelasnya.
Lomba drumblek juga mendapatkan antusiasme dari masyarakat sekitar yang memadati area lomba untuk menyaksikan penampilan menarik dari masing-masing grup drumblek.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply