Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » 20 Desa di Kecamatan Borobudur Terbebas Dari Buang Air Besar Sembarangan


Borobudur, kabarMagelang.com__Untuk menunjang kemajuan pariwisata di kawasan Candi Borobudur, 20 desa di Kecamatan Borobudur mendeklarasikan diri terbebas dari buang air besar sembarangan. Hal tersebut disampaikan oleh, Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi, saat deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Balkondes Desa Ngargogondo, Borobudur, Senin (2/12).

"Deklarasi ODF dan pernyataan bebas dari buang air besar sembarangan ini akan sangat menunjang kemajuan pariwisata, terutama di Kawasan Candi Borobudur," kata, Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi dalam sambutannya.

Ia mengatakan bahwa, perkembangan ODF di Kecamatan Borobudur sendiri secara bertahap sudah dimulai  sejak tahun 2010 hingga akhir tahun 2019 ini.

"Alhamdulilah 20 desa di Kecamatan Borobudur sesuai target pada akhir tahun 2019 ini sudah tuntas clear and clean diverifikasi dan dinyatakan bebas dari buang air besar sembarangan," ungkapnya.

Sementara, Bupati Magelang melalui Asisten Administrasi Umum Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, mengatakan Pemerintah Indonesia sedang melakukan upaya percepatan dan peningkatan akses sanitasi yang layak untuk mencapai target nawacita Presiden 100.0.100.

"Yaitu 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi," jelasnya.

Dia menyebutkan ada 5 tujuan yang ingin dicapai pada sanitasi total yakni, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan yang aman, pengelolaan sampah dengan benar, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga yang aman.

"Untuk itu kami sangat mengapresiasi atas kerja keras dinas kesehatan, Camat dan Puskesmas serta para kepala desa di Kecamatan Borobudur, dimana saat ini Borobudur bisa sebagai salah satu komunitas stop buang air besar sembarangan," tuturnya.

Diketahui, hingga saat ini Kabupaten Magelang sudah memiliki 7 Kecamatan ODF bebas buang air besar sembarangan, yaitu, Kecamatan Windusari, Ngluwar, Muntilan, Candimulyo, Salaman, Secang, dan Borobudur.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply