» » Magelang "Moncer Serius" Tingkatkan Ekonomi Rakyat


kabarMagelang.com__Magelang Moncer Serius 2020 akan diluncurkan, 31 Desember 2019 nanti. Malam pergantian tahun baru itu bakal menjadi tonggak dilaksanakannya 46 event berskala besar yang bertujuan mempromosikan dan memperkuat fungsi Kota Magelang sebagai kota jasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan ajang Magelang Moncer Serius 2020 menjadi strategi Pemkot dalam rangka menaikkan potensi ekonomi kerakyatan. Dikatakannya, hal itu mendasari program Ayo ke Magelang 2015 lalu, di mana salah satu event-nya mampu meraub transaksi hingga Rp7 miliar.

”Kemasan Magelang Moncer Serius lebih besar dibanding dengan Ayo ke Magelang jilid 1. Padahal di acara empat tahun lalu, yaitu Magelang Fair waktu itu nilai transaksinya sampai dengan Rp7 miliar. Ini membuktikan kalau event-event seperti itu akan membuat perekonomian tumbuh secara signifikan,” kata Joko, saat paparan Magelang Moncer Serius dengan media massa di Hotel Trio Magelang, baru-baru ini.

Dia menjelaskan ada empat tahapan program Ayo ke Magelang jilid II, dengan tagline Moncer Serius ini. Mulai dari konsep pariwisata, bertujuan untuk mempromosikan Kota Magelang ke tingkat nasional dan internasional, sehingga akan menambah daya saing kota, yang imbasnya mampu menarik para investor.

”Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan event-event yang kita agendakan. Karena lewat pariwisata, maka dampaknya Kota Magelang jadi terkenal, punya daya saing dan daya jual tinggi, sehingga akan menarik investor untuk berbisnis,” paparnya.

Joko yang juga Ketua Umum Magelang Moncer Serius 2020 tersebut menyebutkan, ada lima tahapan jalannya kegiatan sepanjang tahun 2020. Kelima tahapan itu meliputi awal tahun berupa Ayo Moncer Serius (Januari-Februari), berlanjut pada Pesona Moncer Serius (Maret-Mei). Lalu pada penghujung semester pertama, yaitu Moncer untuk Negeri (Juni-Agustus), kemudian dimulai bulan September-Oktober akan diadakan Moncer Sejuta Bunga, dan terakhir adalah Terus Moncer Serius (Desember).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Soeparno, yang juga sebagai Sekretaris 1 Moncer Serius menambahkan, ada 46 event yang akan digelar sepanjang tahun depan. Urgensi dari rentetan kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata, meningkatkan length of stay (lama tinggal) wisatawan, mempromosikan produk unggulan daerah, dan menjadikan Magelang sebagai kota meeting, incentive, convention, exbhihition (MICE).

”Peningkatan stay para wisatawan ini sudah pasti akan berdampak pada ekonomi masyarakat. Karena dengan begitu, UMKM kita akan laku keras, dan Kota Magelang akan dikenal karena mampu membuktikan para tamu yang datang pasti betah tinggal,” ungkapnya.

Menurut Joko Soeparno, helatan Moncer Serius dibandingkan dengan Ayo ke Magelang jilid 1, akan lebih banyak mendatangkan tamu. Sebab, tahun 2020 program yang dikemas tidak saja mengandalkan budaya dan seni saja.

”Dari semua aspek kita jejali, semisal para penghobi fauna, ada kontes fauna tingkat internasional. Kemudian dari sektor olahraga, kita terus mengupayakan agar gelaran Sepakbola ASIA U-18 bisa diadakan di Stadion Moch Soebroto,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kota Magelang, Al Idris berharap, peran serta media massa untuk turut menggaungkan event akbar tahun 2020 nanti. Menurutnya, berhasil tidaknya Moncer Serius 2020 besar kemungkinan karena publikasi dan promosi yang dilakukan secara benar.

”Untuk itu kami mengharapkan pers terlibat di dalamnya. Dukungan dari media massa, agar program ini tidak hanya gaung di awal dan selama program berjalan, tapi akan terus berkesan sampai kapanpun,” pungkasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply