Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Siswa Kota Magelang Terbanyak Punya Rekening Bank se-Jateng

kabarMagelang.com__Kota Magelang tercatat sebagai kota dengan siswa yang terbanyak memiliki tabungan di bank se-Jawa Tengah. Kota Sejuta Bunga ini pun mendapat Awarding Gerakan Indonesia Menabung tingkat Jawa Tengah tahun 2019 oleh Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom-IJK).

Forum tersebut menggandeng Jateng Financial Expo 2019 (JFEx2019) yang memetakan daerah penyumbang siswa terbanyak membuka rekening selama 2019 ini.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengaku tidak menyangka mendapat penghargaan ini. Sebab, pada bulan Oktober 2019 lalu, Kota Magelang masih kalah dengan Kabupaten Rembang yang memiliki keterlibatan siswa membuka rekening mencapai 33,21 persen. Sementara Kota Magelang baru mendapatkan 27,63 persen.

”Ternyata di bulan November siswa kita SMP/Mts yang membuka rekening seperti program simpanan pelajar (Simpel) naik tajamKita mendapatkan juara pertama dan yang tertinggi di Jawa Tengah,” kata Sigit, belum lama ini.

Ia menyebut lebih dari 4.000 pelajar SMP/MTs yang membuka lewat Simpel ini hingga bulan November. Kota Magelang menyumbangkan setidaknya 40 persen lebih dari semua daerah se-Jawa Tengah.

Sigit menjelaskan, program Simpel di Kota Magelang sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2017 lau. Kala itu, dia menyatakan jika Simpel mampu memberikan edukasi kepada para pelajar sekaligus untuk mencukupi kebutuhan ketika mereka sampai ke perguruan tinggi nanti.

”Uang tabungan itu nantinya bisa untuk meringankan beban orangtua mereka, dan anaknya bisa lanjut ke perguruan tinggi. Sekarang sudah ada ribuan nasabah anak SMP dengan program Simpel ini,” sebutnya.

Kepala Sub Bagian Pemberdayaan Ekonmi, Bagian Perekonomian Setda Kota Magelang, Elisda Arviaty menambahkan, di antara 10.366 siswa dari 23 SMP/MTs negeri maupun swasta, setidaknya 4.321 siswa sudah memiliki Simpel atau 40,82 persen.

”Nilai edukasi sendiri yang dilakukan perbankan maupun Pemkot Magelang poinnya 17 persen. Mudah-mudahan angka ini terus bertambah, kami harap para guru, pendidik, ataupun orangtua siswa ikut mengampanyekan gerakan ini agar masa depan keuangan mereka semakin cerah,” ungkapnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply