Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Akan Bangun 25 Unit Rusus


kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang akan mendapatkan tambahan 25 unit rumah khusus (rusus) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembangunan dimulai tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Magelang, Handini Rahayu menjelaskan, rusus ini akan dibangun di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, menambah 25 unit yang sudah ada di daerah tersebut.

"Kita mendapat kepercayaan lagi, mendapat tambahan pembangunan 25 rusus, hibah dari Kementerian PUPR. Tambahan ini karena rusus yang sudah kita bangun benar-benar tepat sasaran dan baik dari segi pengelolaan," kata Dini, ditemui di kantornya, Jumat (31/1/2020).

Dini mengemukakan, rusus merupakan strategi Kementerian PUPR untuk memfasilitasi masyarakat dengan tingkat ekonomi sangat rendah agar berkesempatann tinggal di rumah layak. Rusus juga diperuntukkan bagi warga di daerah perbatasan dan bencana.

Walau begitu, calon penghuni tetap harus melalui seleksi agar rusus tepat guna dan tepat sasaran. Pemerintah memberlakukan sistem sewa dibawah harga standar dengan batas maksimal masa sewa 6 tahun.

Di Kota Magelang, lanjut Dini, masih banyak warga dengan tingkat ekonomi sangat rendah, dibawah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Seperti, buruh gendong, tukang ojek, pemulung dan sebagainya.

"Sementara angka backlog (angka masyarakat yang tidak punya rumah) di Kota Magelang mendekati 10.000 kepala keluarga (KK)," papar Dini.

Lebih lanjut, sejak tahun 2017, Kota Magelang telah memiliki rusus tipe 28 sebanyak 50 unit di Kelurahan Wates dan 25 unit di Kelurahan Wates. Rusus dibangun di atas lahan yang tidak mungkin dibangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) seperti di lahan miring atau sempit.

Rusus menambah fasilitas hunian layak dari Pemkot Magelang bagi MBR, disamping rusunawa. Ke depan, Pemkot Magelang juga akan membangun Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dan perumahan berbasis komunitas.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply