Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Musrenbang Anak, Ruang Aspirasi Anak di Kecamatan Magelang Selatan


kabarMagelang.com__Pemerintah Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Tingkat Kecamatan di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (30/1/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan siswa SMP, santri, lurah se-wilayah Kecamatan Magelang Selatan.

Musrenbang anak merupakan forum untuk mewadahi aspirasi masyarakat, khususnya anak-anak, tentang banyak hal yang berkaitan dengan mereka.

Hadir sebagai narasumber perwakilan dari Badan Perencanaan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP4KB), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang.

Camat Magelang Selatan Andri Rudianto menjelaskan, Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan Magelang Selatan diadakan sudah kedua kali. Forum ini menjaring kebutuhan-kebutuhan anak di luar Musrenbang masing-masing kelurahan. Sehingga diharapkan kebutuhan atau keinginan anak benar-benar terpenuhi.

"Ini salah satu upaya kita untuk mendukung Kota Magelang sebagai kota layak anak. Ini ruang bagi anak di tingkat sekolahan, untuk menyampaikan aspirasi, pertanyaan, atau keinginan mereka," jelas Andri usai kegiatan.

Musrenbang Anak dinilai efektif sebab anak-anak bisa menyampaikan secara langsung keinginan mereka kepada pengampu kepentingan. Seperti keinginan untuk memiliki lingkungan sekolah yang nyaman, tidak ada tawuran antarpelajar, hingga dukungan dalam upaya pencegahan pergaulan bebas dan peredaran narkoba.

Tak hanya itu, mereka juga leluasa menyampaikan ide-ide segar. Dari hasil Musrenbang tersebut diketahui, anak-anak saat ini sangat kritis ingin mengetahui banyak hal. Anak lebih membutuhkan keterbukaan informasi terkait program pemerintah.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan pemerintah mereka butuh kejelasan, program, sasarannya sampai visi misi anak-anak mulai menyentuh ke sana, walapun tidak detail," tambahnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply