» » Viu Shorts Akan Membuat Film Pendek Kearifan Lokal di Magelang


kabarMagelang.com__Sebuah layanan streaming hiburan yakni Viu Shorts akan membuat film pendek tentang budaya lokal dan potensi wisata di wilayah Kabupaten Magelang. Dengan menggandeng talenta-talenta muda asli Magelang, Rencana film ke II berdurasi kurang dari satu jam ini akan disiarkan di 16 negara yang memiliki layanan Viu Shorts, diantaranya Hongkong, Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, Afrika Selatan dan sejumlah negara di Timur Tengah.

SVP Marketing Viu Shorts, Myra Suraryo, mengungkapkan tujuan pembuatan film bermuatan lokal di Kabupaten Magelang ini adalah untuk ikut mempromosikan segala potensi di daerah ke dunia internasional.

“Dan tidak hanya itu, film ini nantinya akan kami ikutkan pada sejumlah lomba perfilman seperti Asian Academy Creative Awards,” katanya disela-sela workshopnya di Magelang, Rabu (8/1/2020).

Myra menyebutkan bahwa pada ajang Asian Academy Creative Awards 2019, film pendek hasil karya peserta workshop musim pertama yakni Viu Shorts Maumere terpilih menjadi 'Best of short form content.

"Pada musim kedua tahun ini, selain Magelang sendiri, secara bersamaan kami juga mencari talenta-talenta muda perfilman di 20 kota/kabupaten di Indonesia, yakni di Kabupaten Kulonprogo, Klungkung, Atambua, Mataram, Majalengka, Kendal, Salatiga, Cilacap, Batu, Natuna, Ambon, Palu, Rote dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu program yang dilakukannya ini, merupakan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), dan Yayasan Tumbuh Sinema Rakyat, MAV Production, Institute Kesenian Jakarta (IKJ), Badan Perfilman Indonesia dan lainnya.

"Untuk Magelang sendiri, kami pilih, karena banyak talenta-talenta muda perfilman disini. Selain itu juga karena keindahan alam dan kekayaan cerita-cerita rakyatnya yang begitu banyak," ujar Myra.

Salah satu personil Viu Short sekaligus pegiat film asal Magelang Dermawan Hatta, menambahkan bahwa hasil karya Viu Shorts murni berasal dari kisah-kisah lokal yang ada didaerah. Namun dengan beberapa sentuhan, menjadi menarik untuk ditampilkan di dunia internasional.

"Pada musim pertama (2018) kemarin, kami menemukan 17 sutradara muda dan 500 talenta muda kreatif serta seorang sarjana film dari 17 kota/kabupaten. Kini kami berharap menemukannya kembali di 20 kota/kabupaten pada musim kedua ini," tandasnya.

Sementara Plt Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini, menyatakan potensi wisata di Kabupaten Magelang perlu dikemas yang  menarik agar mampu meningkatkan kunjungan wisata.

“Salah satunya melalui Film. Seperti Film Ada Apa Dengan Cinta 2, yang pengambilan gambarnya di beberapa obyek wisata di Kawasan Candi Borobudur, sehingga bisa meningkatkan pamor serta kunjungan wisata di obyek tersebut,” ungkapnya. (Kb.M2)





About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply