Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Imbas Corona, PMI Kota Magelang Kekurangan Stok Darah

KabarMagelang.com--PMI Kota Magelang kekurangan stok darah semenjak pendemi virus corona (Covid-19) beberapa waktu terakhir. Ada kekhawatiran warga tertular virus tersebut saat berdonor.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono mengatakan, sebelum pendemi virus corona, ada 20-30 orang yang masuk ke berdonor ke PMI Kota Magelang setiap hari. Tapi belakangan tidak sampai 5 pendonor yang datang.

"Pendonor berkurang sejak merebak virus corona. Sehari biasanya 20-30 orang, tapi akhir-akhir ini tidak sampai 5 orang per hari," kata Sumartono, ditemui disela video conference perkembangan virus corona di Command Center Kota Magelang, Senin (23/3/2020).

Padahal, lanjut Inspektur Kota Magelang itu, jumlah permintaan akan darah tetap banyak setiap hari. Permintaan mayoritas dari pasien-pasien di RSUD Tidar Kota Magelang, bahkan dari Kabupaten Magelang dan Temanggung.

"Persediaan darah sangat kritis saat ini, sementara permintaan tetap banyak," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya tetap berusaha menggelar aksi donor darah, salah satunya di gedung Inspektorat komplek kantor Pemkot Magelang, Senin (23/3/2020). Selain itu, pihaknya juga rutin mengirim sms ajakan atau jadwal berdonor bagi pendonor aktif PMI Kota Magelang.

Sumartono memastikan saat menggelar kegiatan donor darah maupun donor di kantor PMI Kota Magelang tetap dengan protokoler yang ketat. Seperti penggunakan alat kesehatan yang steril, alat pengaman diri (APD) bagi petugas, dan lainnya.

Sementara itu, terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona, PMI Kota Magelang telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah titik strategis, antara lain sekolah, perkantoran, masjid dan fasilitas umum lainnya.

"Permintaan penyemprotan terus mengalir, tapi kami prioritaskan fasilitas umum, sekolah, masjid dan lainnya. Kami tidak bisa melayani permintaan penyemprotan untuk kepentingan pribadi," katanya.

Ia menyebutkan, dalam sehari setidaknya 20 relawan yang diterjunkan untuk penyemprotan. Ia mengimbau masyarakat untuk bisa melakukan penyemprotan mandiri, dengan membuat cairan disinfektan sendiri. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply