» » Puluhan Warga Magelang Terserang Demam Berdarah


kabarMagelang.com__Ditengah maraknya kasus virus corona, puluhan warga di Kabupaten Magelang terkena demam berdarah. Berdasarkan data dari Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS) tercatat ada 58 kasus DB yang tersebar di beberapa kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti mengatakan bahwa di wilayah Kabupaten Magelang ada beberapa kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Dari 6 Januari hingga Maret 2020 ini, Laporan KDRS ada 52 kasus, dan laporan berdasarkan DBD elektronik 6 kasus, yang standar laporan provinsi," jelasnya, Senin (23/3/2020).

Dia menyebutkan, kasus demam berdarah ini terseber di beberapa wilayah kecamatan,

“Wilayah terbanyak yang terjangkit DBD yakni ada di kecamatan Muntilan, Grabag, dan Borobudur,” jelas Retno.

Untuk menekan kasus tersebut pihaknya akan segera membentuk Juru Pemantau Jentik (jemantik) dengan gerakan satu rumah satu jemantik (GIRIJ). Kemudian melakukan koordinasi dengan puskesmas, dan dilanjutkan ke desa untuk kegiatan penyelidikan epidemiologi (PE) setelah ada laporan kasus DBD dari rumah sakit.

"Apabila hasil PE dan pemantauan jentik memenuhi kriteria untuk di fogging, maka akan dilakukan fogging," ujarnya.

Selain itu, juga perlunya diadakan penyuluhan tentang DBD dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ke masyarakat oleh petugas puskesmas.

 “Terus melakukan pemantauan jentik secara berkala oleh jumantik terutama di di wilayah endemis,” pungas Retno.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply