» » Baru Candi Borobudur Satu-Satunya Kawasan Wisata di Jawa Tengah Yang Diijinkan Buka Kembali


kabarMagelang.com__Setelah beberapa bulan tidak tutup akibat pandemic Covid-19, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) akhirnya mendapat rekomendasi dari Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Proninsi Jawa Tengah, untuk dibuka kembali mulai JKamis (25/6/2020) besok pagi. Namun demikian pembukaan untuk pengunjung ini masih berstatus uji coba dan evaluasi selama dua pekan mendatang.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi mengubgkapkan bahwa Gubernur Jawa Tengah telah memberikan ijin uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC Borobudur karena destinasi ini telah memenuhi persyaratan pembukaan kawasan wisata dengan melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan standar New Normal sebanyak tiga kali. 

“Kami sudah saksikan dan ikut secara langsung kegiatan tersebut yang berjalan dengan baik dan TWC telah menindaklanjuti feedback serta masukan-masukan dari para stakeholders serta pelaku wisata pada simulasi kedua dan ketiga. Diijinkannya uji coba pembukaan operasional dimaksud dengan melakukan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari jumlah kunjungan normal" jelasnya  saat mengikuti press conference uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC Borobudur, Rabu (24/6/2020) sore. 

Sinoeng menyebutkan Candi Borobudur merupalkan satu-satunya Kawasan wisata yang mendapat rekomendasi pertama kali selama pandemic Covid-19 dari Gugus Tugas Propinsi Jawa Tengah. 

“Dari sekitar 700 obyek wisata di Jawa Tengah baru Candi Borobudur yang sudah mengantongi ijin ujui coba pembukaan. Lainya baru mengajukan untuk simulasi,” terangnya. 

Conference uji coba pembukaan operasional kawasan wisata TWC Borobudur ini juga dihadiri oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, Dandim 07/05 dan Wakaplores Magelang, serta pejabat terkait.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menegaskan Taman Wisata Candi Brobudur sebagai destinasi super prioritas telah menerapkan standar protokol kesehatan dan menyatakan kesanggupan untuk memenuhi 7 prinsip protokol kesehatan.

“Ini sebagai syarat dalam pemberian ijin uji coba pembukaan operasional di kawasan tersebut. Saya melihat dan ikut langsung kegiatan simulasi uji coba penerapan standar New Normal tersebut sehingga saya memberikan ijin untuk PT TWC melakukan uji coba pembukaan operasional” Ujarnya.

Sementara Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, sangat mengapresiasi Satgas Gugus Tugas Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang yang sudah memberikan lampu hijau untuk uji coba pembukaan destinasi TWC ini. 

“Pembukaan ini kita lakukan dengan hati-hati. Kita tidak ingin gegabah. Kita lakukan pembatasan pengunjung. Selama masa uji coba pembukaan operasional ini, kita melakukan pembatasan pengunjung hanya 10 sampai 15 persen atau maksimal 1500 orang per hari yang pelaksanaannya akan dimonitoring oleh tim dari Pemerintah Derah. Kami berharap penerapan ini dapat menjadi percontohan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal Pariwisata ini." Katanya.(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply