» » Dua Kali Erupsi, 9 Kecamatan di Magelang Terjadi Hujan Abu

kabarMagelang.com__Dua kali erupsi gunung merapi sebagian wilayah Kabupaten Magelang diguyur hujan abu, Minggu (21/6/2020). Hujan abu tersebut mengarah ke barat daya hingga jarak puluhan kilometer dan mengguyur di 9 Kecamatan. 

Berdasarka data dan dan pantauan kabarMagelang, sedikitnya ada 9 Kecamatan terjadi hujan abu dengan durasi kurang lebih 15 menit, dan tidak terlalu tebal. 9 Kecamatan tersebut diantaranya Dukun, Srumbung, Muntilan, Salam. Mungkid, Ngluwar, Borobudur, Mertoyudan hingga kecamatan Salaman yang berjara kurang lebih 45 km dari gunung merapi.

Shoim warga Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman mengatakan bahwa hujan abu sampai di wilayahnya yang berada di lereng perbukitan menoreh. 

“Iya hujan abu  sampai Desa Ngargoretno, sekira pukul 10.00wiib. Namun tidak terlalu tebal akan tetapi Nampak jelas hujan abunya,” terangnya.

Meski hujan abu tidak terlalu lama namun sempat menggaggu pemandangan pengguna jalan utama antar Propinsi seperti di  Magelang-Jokjakarta. 

“Jalan sangat berdebu dengan jarak pandang kurang lebih 500 meter,” ungkap pengguna jalan Daryono Warga Kecamatan Salam.

Dan informasi resmi dari @BPPTKG Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat.

Erupsi kedua terjadi pada pukul 09.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply