» » BKB Kerahkan 40 Orang Bersihkan Abu Vulkanik Merapi di Candi Borobudur


kabarMagelang.com__Sejumlah petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) membersihkan abu Merapi di seluruh batuan Candi Borobudur, Senini (22/6/2020). Pembersihan abu yang dilakukan oleh sekitar 40 orang ini, akibat erupsi Gunung Merapi, yang terjadi pada Minggu (21/6/2020) pagi kemarin. 

“Kita melakukan pembersihan abu vulkanik yang menempel pada batuan candi setebal kurang lebih 1 mili. Kebetulan tadi malam hujan gerimis dan mengakibatkan abu lengket sehingga dalam pembersihan harus hati-hati dan teliti,” ungkap Kepala Seksi Konservasi, BKB, Yudi Suhartono, di sela-sela kegiatan pembersihan, Senin (22/6/2020).

Dia menyebutkan jika tidak terjadi hujan gerimis pembersihan akan lebih mudah karena abu tidak lengkat terutama pada sela-sela batuan candi.

“Kecuali jika hujanya sekalian deras tentu akan lebih mudah karena tidak lengket. Ini harus disikat benar-benar, kemudian menggunakan metode pengering, pembersihan kering, setelah itu kita vacuum untuk bagian sulit seperti stupa, kemudian dibersihkan dengan air,” jelas Yudi.

Yudi menegaskan kenapa abu vulkani Merapi harus dibersihkan, karena abu tersebut setelah dicek pH-nya sekitar 4. Dan mengandung asam yang bisa mengakibatkan batuan candi cepat lapuk. 

“Asam mempercepat pelapukan jika dibiarkan terlalu lama,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya berupaya pembersihan cepat selesai yakni mentargetkan waktu satu minggu secara terus menerus, dengan mengerahkan tenaga pembersihan sebanyak 40 orang.

“Rencana nanti juga ada personil dari Koramil yang membantu,” pungkas Yudi.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply