» » Masuk Zona Orange Tidak Serta Merta Wisata Boleh Buka

kabarMagelang.com__Meskipun Kabupaten Magelang sudah tak lagi zona merah, namun seluruh kegiatan termasuk pariwisata  tak serta merta diijinkan untuk dibuka. Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang akan melakukan kajian epidemiologi terlebih dahulu terkait kegiatan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Idrastuti, Selasa (30/6/2020).

"Nanti kita dari Dinkes memberikan bahan masukan Bupati Magelang terkait pengambilan keputusan dengan kajian epidemiologis. Kita akan lihat kajian epidemiologinya itu seperti apa. Apakah kegiatan itu aman bagi semua, atau ada pertimbangan lain," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Idrastuti, saat ditemui di Posko Gugus Tugas, Rimah Dinas Bupati Selasa (30/6/2020).

Dia menjelaskan bahwa Kabupaten Magelang saat ini masuk ke dalam kategori zona oranye Covid-19, dengan tingkat resiko sedang, akan tetapi pencegahan dan penanganan terus berlanjut, sehingga tidak ada kasus baru lagi dan kurva terus menurun. Zona oranye adalah daerah dengan tingkat resiko sedang penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, pembatasan terhadap kegiatan masih diperlukan, termasuk wajibnya penerapan protokol kesehatan.

"Masih diperlukan pembatasan kegiatan. Masyarakat juga tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan. Tujuh prinsip dasar sesuai Instruksi Bupati Magelang Nomor 03 Tahun 2020 harus tetap dipatuhi. Perlu kita lakukan tracing, edukasi kepada masyarakat agar penanganan dan pencegahan dapat maksimal," tegasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, menandaskan bahwa sesuai dari kajian BNPB, Magelang telah masuk zona oranye,  tidak lagi zona merah. 

"Sepekan setelah ada pernyataan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kabupaten Magelang zona merah. Sekarang, Alhamdulillah dari kajian secara aplikasi BNPB sudah masuk zona oranye," ungkapnya.

Pihaknya optimis kondisi akan terus membaik, karena sejauh ini upaya yang dilakukan Pemkab Magelang, TNI, Polri, Gugus Tugas dan berbagai elemen masyarakat telah membuahkan hasil. Yakni terdapat penurunan yang signifikan kasus Covid-19.

"Saya kira terus optimis untuk menuju kondisi yang lebih baik. Penurunan juga signifikan. Sekarang tinggal 17, dan ini nanti juga di tracing terus penanganan difokuskan di beberapa kecamatan yang masih ada positifnya. Kami terus kuatkan penangannya. Mudah-mudahan angka semakin turun, menjadi zero kasus," ujar Nanda.

Diketahui berdasarkan data terakhir, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, tinggal 17 kasus. Mereka terdiri dari 15 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan dua orang isolasi mandiri. Sebanyak 122 orang telah dinyatakan sembuh. Dan empat orang meninggal dunia.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply