» » Menuju New Normal Ratusan Petani Lereng Merapi Beralih ke Pepaya

kabarMagelang.com__Menuju new normal, ratusan petani di lereng Merapi tepatnya Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Magelang, serentak menanam ribuan bibit papaya Calivornia. Selain mudah merawat, tanaman ini dinilai cocok dan cepat berbuah. Diharapkan penanaman bibit buah papaya Calivornia ini nantinya bisa menutup kerugian anjloknya harga cabai akibat terjadinya wabah Corona. Penanaman serentak ini secara simbolis dilakukan oleh forkompmcam Kecamatan Dukun dan diikuti oleh seluruh warga setempat.

Kepala Desa Kalibening, Nurbiyanto mengatakan bahwa sebanyak 4000 bibit papaya ini merupakan bantuan social yang dianggarkan melalui dana desa untuk masyarakat yang terkena dampak adanya Covid-19.

“Untuk pengadaan bibit papaya Calivornia mencapai Rp.50 juta. Kita prioritaskan kepada petani yang kurang mampu yang mengalami kerugian akibat hasil pertanian cabai sangat murah,” ungkapnya di sela-sela kegiatanya.

Dia mengatakan dipilihnya bibit papaya Calivornia, Nurbiyanto menjelaskan selain mudah perawatanya juga cepat berbuah, disamping harganya selalu stabil.

“Bahkan untuk penanaman kita bantu. Ongkos pelubangan 1000 ' pupuk kandang 2000' ponsko 1500 kapur' kapur Rp 500 di tambah harga pohon pepaya Rp 2500 berarti tanam satu pohon semua Rp.7000. selain itu juga ada pendampingan teknis,” jelas  Nurbiyanto.

Nurbiyanto menambahkan bahkan untuk pemasaranya nantinya juga sudah ada yang bersedia bekerja sama dan menampung semua hasil budidaya papaya ini.

“kita berharap dengan program ini bisa mengangkat kehidupan mereka kembali setelah beberapa bulan terakhir mengalami dampak anjloknyanya harga pertanian akibat adanya wabah Corona,” imbuhnya,(Kb.M2)



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply