Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Walikota Magelang: Wisata New Normal Harus Dipersiapkan Matang


kabarMagelang.com__ Meski sudah membuka tempat ibadah, blokade jalan protokol hingga new normal jam kerja Aparat Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang juga ingin membuka beberapa destinasi wisata.

Akan tetapi, Pemkot Magelang masih merumuskan langkah strategis agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Tempat wisata yang dimaksud antara lain Taman Kyai Langgeng, Gunung Tidar, dan museum-museum.

“Destinasi wisata harus disiapkan dengan baik dan matang, jangan tergesa-gesa. Tempat wisata kita ada Taman Kyai Langgeng, Gunung Tidar, juga museum-museum. Termasuk Alun-alun dan Taman Badaan. Harus diketatkan. Jangan asal buka dulu," ujar Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Kamis (11/6/2020).

Tidak hanya pengelola, wisatawan juga harus sadar betul akan konsep new normal yang wajib disiplin mentaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Menurut Sigit, sektor wisata memiliki efek berganda terutama bagi geliat perekonomian masyarakat sekitarnya. Ia mengakui sejak penutupan objek wisata akibat pandemi Covid-19 aktivitas ekonomi di sekitarnya lesu.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono memaparkan, beberapa persiapan telah dilakukan oleh pengelola Taman Kyai Langgeng untuk menyambut wisatawan. Persiapan meliputi menyiapkan fasilitas cuci tangan di 50 titik, membuat tanda pembatasan pengunjung dan sedang merumuskan batas maksimal jumlah kunjungan.

"Di dalam area Taman Kyai Langgeng jumlah pengunjungnya harus dibatasi. Ini masih dirumuskan berapa kapasitanya. Nanti bergantian. Misalnya, kalau di dalam sudah ada 1.000 orang maka wisatawan yang masih di luar harus menunggu," papar Joko.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Otros Trianto menjelaskan, masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum wisata religi gunung Tidar dibuka. Antara lain, tempat cuci tangan di pintu masuk dan keluar, dan di tempat ziarah.

Kemudian penempatan personel untuk mengatur wisatawan, membuat tanda pembatasan tempat duduk, pengadaan pos kesehatan baik di bawah dan di tengah gunung Tidar, hingga pelatihan penerapan protokol kesehatan bagi petugas.

"Kami masih perlu sarana protokol kesehatan, seperti thermo-gun, tempat cuci tangan, alat pelindung diri (APD), face-shield dan sebagainya. Kami juga belum bisa buka malam hari, sementara akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB," jelasnya.

Selain itu, sarana di pos penjualan tiket juga harus aman karena wisata religi gunung Tidar belum mungkin menggunakan tiket online. Sementara wisatawan gunung Tidar rata-rata berasal dari berbagai wilayah di Pulau Jawa. (Kb.M2).


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply