» » Self Deklare, Pengelola Destinasi Wisata di Magelang Siap Beroperasi


kabarMagelang.com__Empat destinasi Desa wisata di Kabupaten Magelang dinyatakan siap beroperasi di tengah merebaknya pandemic Covid-19. Hal ini seiring dengan telah selesainya pendampingan Self Declare Pelaku Wisata menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) terhadap para pelaku wisata di empat destinasi Desa wisata tersebut dari Badan Otorita Borobudur (BOB) sejak pertengahan Bulan September kemarin.

Direktur Utama BOB Indah Juanita, mengungkapkan ada 50 peserta pengelola di empat destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang sudah selesai mendapatkan pendampingan dari BOB yang dimulai sejak 14-28/9/2020.

“Empat destinasi tersebut yakni Destinasi wisata Desa Kenalan Borobudur, Desa Ketep Pas, Desa wisata Banyuroto, dan Desa Wulunggung, Kecamatan Sawangan,” jelasnya saat menghadiri Self Deckalre Pengelola Destinasi Parwisata di Ketep Pas, Kecamatan Sawangan, Magelang, Selasa (29/9/2020).

Dia berharap hasil dari pendampingan yang telah dilakukan akan mampu meningkatkan sumber daya manusaia yang siap menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sector pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jadi para pengelola destinasi wisata ini setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari BOB, maka mereka siap declare,” ujar Indah Juanita.

Indah menyebutkan dalam sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta Self Decklare Adaptasi Kebiasaan Baru dilakukan berupa implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru, yakni penghitungan carrying capacity, alur wisatawan, pemetaan zonasi wistawan, dan taffic management.

“Selain itu, BOB juga memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam menunjang implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru kepada para pengelola wisata di Kabupaten Magelang,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporarap) Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rahmadi, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa declare ini bagian dari satu sinergitas antara BOB, Pemkab. Magelang dan jajaran Disporapar Jateng.

“Kegiatan ini tentu akan memantik antar instutusi baik fertikal dan horizontal serta jajaran terkait untuk secara bersama-sama membangkitkan pariwsata, dan dalam kebangkitan pariwisata itu semua pihak harus mengambil peran,” tegasnya.

Sinoeng menyambut baik apa yang telah dilaksanakan oleh BOB dalam upaya merintis desa wisata agar kedepan kebangkitan pariwisata yang diawali dengan destinasi wisata yang open space.

“Jadi kalau Magelang ini banyak menawarkan destinasi wisata itu potensialnya besar. Selanjutnya kedepan wisatawan didominasi oleh kaum milenial, jadi dua peluang wisata open space, desa wisata dan milenial itu menjadi segmentasi yang luar biasa, dan tidak mungkin kebangkitan itu akan dimualai dari Magelang,” pungkas Sinoeng.(Kb.M2).



About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply