» » Kunjungi Pengungsi di Magelang Kepala BNPB Serahkan Bantuan 1 Miliar

kabarMagelang.com__Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB)  Letjen Doni Manardo etjen mengun jungi pengungsian Merapi di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Jumat (20/11/2020). Selain meninjau pengungsi, Doni yang didampingi oleh wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimon ini, juga menyerahkan bantuan siap pakai senilai 1 Miliar, serta perlengkapan kesehatan untuk pengungsi.

Disela-sela kunjunganya Kepala BNPB yang mengatakan setelah mengunjungi di 4 titik pengungsian Doni menilai  adanya satu kesungguhan semua pihak untuk menyelenggerakan sistem pengungsian yang memenuhi standar keselematan, kenyamanan, dan juga faktor kesehatan karena kita masih dalam keadaan pandemi.

Kami memberikan bantuan dana siap pakai ke pemerintah di 4 kabupaten itu masing-masih senilai Rp1 miliar untuk, mendukung kegiatan pelayanan terhadap pengungsi agar bisa berjalan dengan baik. Terutama untuk kesediaan air bersih, sanitasi, makanan sehari-hari termasuk khususnya terhadap kelompok yang relatif rentan, lansian, ibu hamil, yang menyusui, balita dan juga kaum disabilitas,” jelasnya.

Doni menegaskan bahwa presiden selalu mengingatkan, ketika ada bencana maka pemerintah harus hadir. Inilah bukti nyata dari kehadiran pemerintah pusat di daerah untuk memberikan perlindungan lebih baik.

“Selain dana, juga hand sanitizer, masker dan juga rapid test for antigen yang jumlahnya sekitar 2.500 unit yang bisa digunakan.

Dia juga menyatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa memberikan support penuh terhadap masyarakat yang saat ini sedang menghadapi ancaman erupsi Gunung Merapi.

“Bapak Presuden selalu mengatakan keselamatn rakyat adalah hukum tertinggi. Oleh karenanya kerja sama semua pihak sangat kita butuhkan,” ungkap Doni.

Mantan Danjen Kopasus ini berharap agar pemerintah daerah bisa malakukan screening terhadap kelompok-kelompok yang akan memberikan bantuan.  

“Kita berharap pengungsian ini tidak terlalu banyak dikunjungi oelh mereka yang secara fisik bisa menulari,” ujarnya.  

Doni meminta kepada semua pihak yang mungkin kurang begitu lengkap datanya tidak menyampaikan informasi yang tidak begitu akurat.

“Hari ini kita sudah mendapat informasi dari BPPTKG, bahwa semua informasi harus berasal dari satu sumber yaitu BPPTKG,” pungkas Doni.(Kbm2). 

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply