Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Puluhan Pelaku Wisata Dan UMKM ikuti Pelatihan Jurnalistik

KabarMagelang.com__Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, gelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik dengan mengusung tema Optimalisasi Jelajah Magelang, tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari Rabu  (9/6/2021) dan Kamis (10/6/2021) bertempat di Joglo Mbah Sidik, Dusun Jambean Kidul, Desa  Rambeanak Mungkid Magelang.

Dengan narasumber Sekretaris PWI Provinsi Jawa Tengah, Iwan Kelana, dengan materi Jurnalisme Wisata. Praktisi Fotografi, Muhammad Nur Eva, dengan materi Teknik Fotografi Wisata. Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, dengan materi Potensi Wisata Magelang. Dan Pelaku Wisata Magelang, Hani Sutrisno Owner Desa Bahasa Borobudur, dengan materi Motivasi dan Pengalaman Promosi Wisata.

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono, mengatakan, kegiatan tersebut Dengan sasaran kegiatan pengelola daerah tujuan wisata (DTW), UMKM dan penggiat wisata.

"Melalui ilmu jurnalistik setidaknya dapat membantu dalam teknik mempromosikan mengoptimalisasi sektor pariwisata dan UMKM," ucap Bagyo.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19, peserta wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak tidak berkerumun.

Dalam kesempatan tersebut, Pelaku Wisata Magelang, Hani Sutrisno Owner Desa Bahasa Borobudur, menyampaikan motivasi bertahan ditengah masa pandemi Covid 19.

"Kita tidak mengurangi karyawan itu sudah bagus, dengan tetap mencari peluang dan memberikan bonus karyawan yang dapat memacu karyawan bekerja dengan kreatif dan maksimal. Serta servis terhadap pelanggan harus diutamakan, tidak perlu mengambil untung besar yang penting kerjasama rutin berlanjut," papar Hani.

Praktisi Fotografi, Muhammad Nur Eva, menyampaikan, foto promosi wisata, terkait dengan kuliner, tempat wisata, serta keadaan alam.

"Untuk kuliner dikombinasikan dengan background yang keren, semisal suasana alam atau gunung.

Selain itu hati-hati menggunakan filter, karena beresiko menghilangkan detail foto. Lebih baik diedit manual saja," terang Nur Eva.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein,  menyampaikan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten Magelang, yang terbagi dalam delapan wilayah. Mulai dari kawasan Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Borobudur, dan kawasan lainnyam

Dengan pilihan wisata terbagi dalam wisata adventure, wisata budaya (religi), wisata buatan, dan Desa Wisata.

"Jika jalan Tol sudah jadi, diperkirakan 24 juta per tahun wisata masuk ke Kabupaten Magelang, tidak mungkin semuanya akan masuk ke Kawasan Borobudur saja. 

Maka harus dipecah ke delapan penjuru mata angin diwilayah Kabupaten Magelang, yang tidak kalah menarik," ungkap Husein. (Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply