Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ratusan Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Ikuti Program Ketarunaan

                            

kabarMagelang.com__Sebanyak 399 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Muntilan tingkat X Tahun 2021/2022 mengikuti pendidikan Karakter Bangsa dan Bela Negara yang digelar di halaman SMK Muahammadiyah 1 Muntilan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk latihan dasar ketarunaan tersebut mendapat pendampingan langsung tiga anggota dari Koramil Muntilan. Tiga anggota Koramil Muntilan yang sekaligus sebagai pelatih yakni Pelda Eko Saryanto (BATI BHAKTI TNI), Peltu Supriyanto (BATI WANMIL) dan Serda Sudaryono (BABINSA).

Ketua panitia Program ketarunaan Soeswati S.SI menyampaikan dasar dilaksanakan pendidikan karakter bangsa dan bela Negara adalah UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3.

“Di situ menyebutkan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, barakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” jelas  Soeswati S.SI, Selasa (19/10/2021).

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Sutrisno, ST mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan tetap sesuai dengan aturan protokol Kesehatan yang ada. Adapun tujuan dari kegiatan adalah  untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter atau akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan.

 

“Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik SMK mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari,” jelas Sutrisno,

 

Dia menegaskan pendidikan  karakter pada tingkatan institusi sekolah mengarah pada pembentukan budaya sekolah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.

 

“Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah di mata masyarakat luas,” katanya.

 

Sementara Waka Humas SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Agus Saputro.S.Pd, menyebutkan

kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai senin 18 OKtober 2021 hingga 4 November 2021 mendatang, dengan peserta sebanyak 399 anak dari seluruh siswa-siswi tingkat X dari 4 program keahlian, yakni Tehnik Pemesinan, Tehnik Kendaraan Ringan, Tehnik Bisnis Sepeda Motor dan Rekayasa Perangkat Lunak.

“Dimana masing-masing jurusan mengikuti kegiatan ketarunaan selama 4 hari. Program ketarunaan ini diharapkan bisa membekali siswa-siswi sebelum memasuki dunia usaha dan dunia industi dalam program Praktek Kerja Industri (PRAKERIND) dan Dunia Kerja yang penuh dengan persaingan,” tandas Agus Saputro.(Ad).

 

 

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply